Foto : blog.reservasi.com

Desa Wisata Sermo merupakan salah satu wisata yang berada di Perbukitan Menoreh yang ada ada di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai disana, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 35 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Wates, Kulon Progo.

Daya tarik utama dari desa ini adalah Waduk Sermo yang merupakan satu-satunya waduk yang ada di Provinsi Yogyakarta. Keberadaan waduk ini tidak hanya penting bagi pengairan di sekitar waduk, tetapi juga menjadi salah satu wisata yang cukup diperhatikan di Kabupaten Kulon Progo.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan para pengunjung di area Waduk Sermo ini. Tidak hanya menikmati keindahan waduk dengan mengelilingi waduk menggunakan perahu, wisatawan bisa menikmati asrinya alam Waduk Sermo dengan menyusuri jalan setapak yang ada di sekeliling Waduk Sermo baik dengan berjalan kaki maupun bersepeda.

Selain itu, saat pada musim kemarau, pengunjung juga bisa memanfaatkan area Waduk Sermo untuk berkemah maupun untuk outbound. Apalagi dengan lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk kebisingan perkotaan dan udaranya yang masih sejuk dan bersih tentu membuat Waduk Sermo menjadi pilihan pas untuk berlibur dari kepenatan sehari-hari.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Waduk Sermo lebih lama, pengelola menyediakan homestay-homestay yang terletak di sekitar waduk. Disini wisatawan akan diajak berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar sembari belajar membuat berbagai kuliner khas Kulon Progo seperti membuat gula jawa, ikan crispy, serta makanan tradisional seperti geblek, tape, dan apem.