Foto : gudeg.net

Desa Wisata Sidoharjo merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa yang terkenal dengan air terjunnya ini berada di kawasan Perbukitan Menoreh yang memiliki udara yang sejuk dan alam yang masih asri.

Desa Sidoharjo menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan bagi para wisatawan, seperti menjelajah alam. Dengan kondisi alam pedesaan dan hutan yang masih sangat alami, aktivitas menjelajah alam pun menjadi daya tarik utama Desa Sidoharjo. Wisatawan bisa trekking menuju Air Terjun Sidoharjo yang memiliki tinggi hingga 75 meter, susur Goa Lawa (kelelawar) yang merupakan goa yang terbentuk dari bebatuan besar, dan menjelajah untuk menemukan fauna yang ada di hutan seperti monyet ekor panjang, luwak, musang, trenggiling, hingga macan tutul.

dan menikmati pertunjukan seni budaya, seperti jathilan, hadrah, rebana, kethoprak, ande-ande lumut, karawitan, dan wayang kulit. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar langsung bagaimana cara berkebun salak pondoh sampai mengolahnya menjadi keripik salak.

Desa Wisata Sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Untuk menuju ke desa ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh berkisar 60 menit. Dengan lokasinya yang berada di kawasan perbukitan, diharapkan bagi pengemudi untuk ekstra hati-hati dalam berkendara.