Foto : youtube.com

Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak pilihan wisata, mulai dari wisata seni budaya, wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja, dan tentu saja yang tak terlewatkan adalah wisata pedesaan.

Wisata pedesaan sendiri bisa dibilang wisata paling komplit karena ketika wisatawan mengunjungi desa-desa wisata tersebut, mereka tidak hanya belajar mengenai kehidupan di pedesaan seperti apa tetapi juga bisa belajar mengenai seni dan budaya yang ada di desa-desa tersebut, menikmati alam pedesaan yang masih asri, dan biasanya desa wisata memiliki produk UMKM yang bisa menjadi oleh-oleh pilihan bagi para wisatawan. Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan Desa Wisata Sidorejo bisa menjadi pilihannya.

Desa wisata Sidorejo merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Sungai Progo, tepatnya di Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo. Disini terdapat bendungan yang dikenal dengan Bendung Sapon yang merupakan salah satu sumber irigasi utama untuk kepentingan pertanian disekitarnya.

Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan antara lain mengenal seni dan budaya desa Sidorejo, berkeliling desa menggunakan sepeda, belajar membatik dan ecoprinting, dan yang tidak boleh ketinggalan mencicipi kuliner khas Desa Sidorejo. Dan bagi wisatawan yang menyukai wisata adrenalin bisa mencoba rafting dan susur sungai di sepanjang Sungai Progo.