Foto : kemadang-tanjungsari.desa.id

Desa Kemadang berhasil mengembangkan sejumlah kawasan wisata dengan menggunakan dana desa. Pengembangan wisata besar-besaran yang dilakukan Desa Kemadang rupanya juga turut memberikan dampak pada laju urbanisasi di kawasan tersebut. Hampir 70% warga Desa Kemadang kini bermatapencaharian sebagai pelaku usaha wisata. Mulai dari membuka penginapan, membuka bisnis kuliner, hingga jasa tukang parkir. Kunci dari keberhasilan pariwisata di Kemadang ini salah satunya adalah transparansi dana desa dalam pengelolaan potensi wisata baik dari tingkat dusun maupun tingkat desa. Tak heran jika Desa Kemadang meraih gelar desa terbaik se- DIY. Desa Kemadang memiliki beragam destinasi wisata menarik. Sejumlah kawasan wisata pantai yang sukses dikembangkan antara lain Pantai Baron, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup, Pantai Watu Kodok, serta yang paling baru adalah Pantai Ngrawe.

Pantai Baron

Berbeda dengan pantai di Gunung Kidul yang lain, di Pantai Baron kita bisa menemukan dua jenis air. Yaitu air asin yang berasal dari laut dan air tawar yang berasal dari aliran sungai yang mengalir ke arah laut. Konon tiap 5 tahun sekali aliran sungai ini akan berubah arah yaitu mengalir ke arah timur dahulu sebelum kemudian bermuara ke pantai. Di pantai ini sangat tidak disarankan untuk bermain air karena kondisi ombaknya yang cukup besar. Tapi kamu bisa berburu sunset yang indah sambil berwisata kuliner seafood yang lezat.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang terkenal dengan bentangnya yang panjang dan hamparan pasir yang putih bersih. Pantai ini diklaim sebagai pantai Kutanya Yogyakarta karena memang suasana pantai ini mirip dengan suasana di Pantai Kuta, Bali. Pantai ini memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai di Gunung Kidul yang lain. Ombak di pantai Sepanjang tidak terlalu besar dan ketika pantai surut anda akan disuguhi keindahan karang yang masih sangat alami berpadu dengan birunya air laut. Di sore hari anda juga bisa menikmati syahdunya sunset untuk melepas penat dari bertumpuknya pekerjaan.

Pantai Kukup

Pantai Kukup adalah pantai yang wajib anda kunjungi ketika liburan ke Gunung Kidul. Selain ombaknya yang tenang dan pasir pantai yang terhampar luas, di sini anda akan melihat bukit-bukit kapur yang mengelilingi pantai. Salah satu yang membuat pantai Kukup unik adalah adanya pulau karang yang berada di sebelah timur pantai. Tersedia jembatan penghubung sehingga anda bisa melihat pulau karang tersebut. Jangan lupa untuk berfoto di jembatan ikonik Pantai Kukup tersebut agar feed instragram anda semakin penuh gaya.

Pantai Watu Kodok

Jika anda pecinta kegiatan kemping, maka Pantai Watu Kodok harus masuk ke dalam list tujuan wisata anda. Disebut dengan Watu Kodok karena di sini terdapat bongkahan karang besar yang berbentuk kodok. Lokasinya yang sangat mudah diakses dan kemananan yang terjamin membuat pantai ini menjadi favorit wisatawan untuk berkemping. Keindahan yang ditawarkan pantai ini juga bisa diadu dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya.

Pantai Ngrawe

Salah satu keunikan Pantai Ngrawe adalah adanya hamparan rumput hijau di kawasan tepi pantai. Banyak wisatawan menjadikannya sebagai spot foto yang unik. Tentu pemandangan seperti ini akan sangat langka untuk anda jumpai di pantai yang lain. Pantai ini tergolong masih baru sehingga masih bersih dan asri.

Fasilitas

Semua pantai yang berada di kawasan Desa Kemadang sudah berkembang dengan baik dan memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari toilet, area parkir, warung makan, hingga penginapan.