Foto : hipwee.com

Desa Ngeposari adalah salah satu desa wisata yang terletak di Gunung Kidul. Tepatnya berlokasi di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebagai desa wisata tentu Desa Ngeposari memiliki potensi yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Desa ini memang daerah agraris sehingga sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani dan pengrajin. Desa Wisata Ngeposari memiliki beberapa destinasi wisata alam yang masih asri yang sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan agar lebih menyenangkan. Antara lain :

Goa Thotho

Goa ini terletak di Pedukuhan Jragum. Yang unik dari goa ini adalah terdapat sugai bawah tanah di dalamnya.  Walaupun sudah dikembangkan sebagai destinasi wisata namun sungai bawah tersebut masih dijadikan penduduk setempat sebagai salah satu sumber mata air bila mengalami kesulitan air bersih. Untuk menuju Goa Thotho anda bisa berjalan ataupun mengendarai motor karena aksesnya sudah cukup baik. Anda bisa menemukan petunjuk mengenai Goa Thotho di jalan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar jika anda tak kunjung bisa menemukan lokasi Goa Thotho.

Kompleks Goa Jlamprong

Goa Jlamprong terletak di Dusun Mojo dan termasuk dalam goa horizontal yang berair. Bagian dalam goa dihiasi dengan stalagtit dan stalagmit aktif yang indah dan diiringi suara ribuan kelelawar yang menghuni bagian atas goa. Jika anda masuk ke dalam goa, anda akan mendapati tetesan air yang biasa disebut ‘soko guru’ yang dipercaya airnya bisa membawa keberuntungan. Sebenarnya Goa Jlamprong masuk dalam rangkaian tiga goa, yaitu Goa Gesing, Goa Sinden, dan Goa Jlamprong. Untuk kesini anda hanya perlu membayar Rp 25.000,- sudah termasuk tiket masuk ke tiga rankaian goa tersebut.

Kerajinan Batu Putih

Salah satu produk unggulan dari Desa Wisata Ngeposari adalah kerajinan batu putih yang bisa anda temui di sini. Tepatnya berlokasi di Dusun Wojo. Di sepanjang jalan dusun kita akan menemukan usaha ukir atau rumah-rumah dengan arsitektur berbahan batu yang cantik. Memang belum banyak pengrajin yang mengolah kerajinan batu putih ini. Namun hasil yang luar biasa akan anda lihat ketika berkunjung ke sana. Bahkan kerajinan batu putih ini sudah merambah pasar internasional ke sejumlah negara Asia dan Eropa. Keunggulan dari kerajinan batu putih ini adalah proses pembuatannya yang masih manual tanpa cetakan. Sehingga menghasilkan produk yang otentik dan unik. Pembeli juga bisa membeli kerajinan secara custom sesuai selera mereka.

Fasilitas

Tak perlu khawatir dengan fasilitas di Desa Wisata Ngeposari. Pengelola sudah menyiapkan fasilitas lengkap di tiap destinasi wisata untuk mempermudah pengunjung ketika liburan di sini. Tersedia kantong parkir, kamar mandi, gazebo, warung makanan, hingga homestay.