Foto : republika.co.id

Desa Wisata Pacarejo terletak di Kecamatan Semanu,Gunung Kidul, Yogyakarta. Melalui Pokdarwis masyarakat desa bahu-membahu mengembangkan wisata desa hingga menjadi maju seperti saat ini. Desa Pacarejo memiliki beragam destinasi wisata alam yang menarik dan tak boleh anda lewatkan ketika liburan di Gunung Kidul.

Goa Jomblang

Goa ini terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu. Goa ini berupa goa vertikel dengan jaral kurang lebih 80 meter uang terhubung dengan Goa Grubug yang berlokasi tepat di sebelahnya. Goa Jomblang menawarkan keindahan perbukitan kapur, stalagtit dan stalagmit yang masih aktif, vegetasi hijau yang asri, hingga sungai bawah tanahnya yang langsung terhubung dangan laut. Salah satu keunikan dari Goa Jomblang adalah ketika kita masuk, dan melihat ke bagian bawah goa kita akan melihat pemandangan hutan purba yang memang sangat langka. Hutan purba ini bisa terbentuk karena bagian bawah goa mendapatkan sinar matahari langsung sejak ribuan tahun yang lalu. Anda bisa ke sini setiap hari namun jika berombongan kegiatan caving di Goa Jomblang dibatasi hanya 25 orang per sesinya. Tiket masuk ke wisata ini cukup mahal, sekitar Rp 500.000, – namun dijamin akan sebanding dengan pengalaman dan fasilitas yang akan anda dapatkan.

Goa Grubug

Tak lengkap jika anda sudah mengunjungi Goa Jomblang namun melewatkan Goa Grubug. Goa ini letaknya bersebelahan dengan Goa Jomblang. Di atas goa terdapat sebuah lubang dengan diameter kurang lebih 10 meter dengan ketinggian 90 meter. Lubang tersebut menjadi celah bagi sinar matahari untuk masuk ke dasar goa dan membentuk sorotan cahaya yang indah di dalam goa yang gelap. Waktu yang paling baik untuk bisa menyaksikan fenomena alam yang unik ini adalah sekitar pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Kalisuci

Kalisuci adalah destinasi unggulan di Desa Wisata Pacarejo yang menawarkan wisata susur sungai dan susur goa. Aliran air di Kalisuci sebenarnya juga berhubungan dengan Goa Jomblang dan Goa Grubug. Tempat ini diklaim sebagai wisata susur goa pertama di Indonesia. Di Goa Kalisuci kita akan melihat keindahan bukit karst serta goa yang dialiri sungai bawah tanah yang berwarna hijau segar. Goa ini tergolong panjang dengan kedalaman sekitar 3 meter. Jarak tempuh susur sungai ini sekitar 500 meter dan membutuhkan kurang lebih 2 jam perjalanan. Dijamin anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Tarif yang dipatok untuk menikmati susur sungai dan susur goa termasuk terjangkau. Hanya Rp 80.000, – saja.

Telaga Jonge

Telaga Jonge juga salah satu destinasi wisata yang tak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Desa Wisata Pacarejo. Tempat ini sangat ramai tak hanya saat liburan namun juga di hari-hari biasa. Telaga ini menawarkan keindahan alam berupa hamparan air telaga yang luas dan indah. Tak hanya itu, fasilitas berupa permainan dan wahana air juga tersedia. Telaga Jonge diklaim adalah salah satu telaga di Yogyakarta yang airnya tidak akan surut bahkan di musim kemarau sekalipun. Warga setempat percaya hal ini tak lepas dari Mbah Jonge yaitu sesepuh Dusun Jonge yang dulu pernah menjadi prajurit di masa Kerajaan Majapahit. Konon dipercaya Mbah Jonge moksa di tengah-tengah telaga yang membuat air telaga tak pernah surut.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Desa Pacarejo sudah terbilang lengkap. Tersedia kamar mandi umum, mushola, rumah makan, hingga homestay bagi anda yang ingin bermalam di sini.