Foto : sinarharapan.net

Desa Wisata Bleberan berlokasi di Kecamatan Playen, kabupaten Gunung Kidul, kurang lebih berjarak 25 km dari pusat Kota Yogyakarta. Akses menuju ke desa ini sudah cukup mudah, jalanan yang ditempuh sudah sangat halus. Dari Kota Yogyakarta anda bisa bergerak menuju ke arah Piyungan, lalu berjalan menuju Patuk, Gading, hingga sampai ke Desa Wisata Bleberan. Desa wisata ini sebenarnya sudah lama terbentuk, yakni sejak tahun 2007 dengan memberdayakan potensi kawasan desa yang berupa pengelolaan sumber mata air desa untuk dialirkan ke seluruh wilayah Desa Bleberan yang kala itu sempat mengalami krisis air. Sejak saat itu Desa Bleberan terus berbenah dan serius untuk mengembangkan potensi wisata di kawasan tersebut.

Daya Tarik Desa Wisata Bleberan

Setiap desa wisata tentu menawarkan daya tarik yang akan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung. Salah satu daya tarik dari Desa Wisata Bleberan adalah keberhasilan desa dalam mengelola Badan Usaha Milik Desa atau biasa disingkat dengan Bumdes. Bumdes Desa Bleberan sangat berkembang sehingga berhasil mengelola desa hingga menjadi salah satu desa yang beromset tinggi bahkan mendapatkan apresiasi dari Kementrian Perdesaan dan Transmigrasi pada tahun 2017. Hasil tersebut membuat nama Desa Bleberan semakin terkenal dan mengundang banyak pihak untuk berkunjung sekaligus melakukan studi banding.  Desa Bleberan dijadikan percontohan agar sistem pengelolaannya dapat diaplikasikan ke desa-desa lain. Tak hanya dari desa-desa lain, bahkan sejumlah kementrian juga datang ke sini untuk meninjau keberhasilan tersebut.

Desa Bleberan cukup beruntung karena dianugerahi potensi alam yang luar biasa berupa Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono. Paket-paket wisata disediakan dan animo dari pengunjung sangat tinggi dibuktikan dengan angka kunjungan yang selalu ramai. Air Terjun Sri Gethuk menawarkan wisata alam berupa air terjun dengan tinggi kurang lebih 25 meter sekaligus menjadi air terjun tertinggi di Gunung Kidul. Setiap liburan wisatawan baik dari dalam maupun luar Gunung Kidul ramai-ramai memadati kawasan Air Terjun Sri Gethuk untuk berekreasi. Sedangkan Goa Rancang Kencono, sesuai namanya berupa goa dengan pemandangan yang indah serta memiliki nilai historis khusus.

Fasilitas yang Disediakan

Sebagai desa wisata tentu Desa Bleberan terus berbenah dan menyediakan beragam fasilitas untuk mempermudah pengunjung ketika berwisata ke sana. Pengunjung bisa memilih paket wisata mulai dari paket meeting, paket makrab, hingga paket outbond. Paket meeting ini tidak hanya berupa ruang pertemuan saja namun sudah lengkap dengan akomodasi yang dibutuhkan seperti penginapan, makan berat, minuman, snack, perlengkapan soundsystem, hingga atraksi yang bisa menghibur hadirin seperti jathilan dan wayang kulit. Sedangkan untuk paket outbond pengunjung akan diajak untuk ikut dalam berbagai rangkaian aktivitas outbond dilengkapi dengan pemandu. Salah satu rangkain outbond yang paling menyenangkan adalah rafting. Desa Wisata Bleberan juga memanfaatkan rumah-rumah warga setempat untuk dijadikan homestay bagi pengunjung. Homestay yang disediakan biasanya luas dan muat untuk rombongan.