Foto : nasirullahsitam.com

Kalau anda dan keluarga ingin merasakan suasana liburan yang berbeda, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Desa Wisata Grogol. Desa wisata ini berada di kawasan Grogol, Margodadi, Seyegan, Sleman, DIY. Lokasi ini tidak jauh dari pusat kota. Akses jalan menuju Desa Wisata Grogol juga cukup mudah, jika anda bergerak dari pusat kota Jogja anda bisa melaju ke arah Jalan Godean. Ikuti Jalan Godean hingga menjumpai Psar Godean, dari pasar belok ke arah kanan atau ke sisi utara jalan. Terus ikuti jalan kurang lebih sejauh 3,5 km hingga anda menjumpai lapangan yang berada di kanan jalan. Lalu ikuti papan petunjuk arah menuju Desa Wisata Grogol.

Wisata Kuliner dan Budaya

Desa Wisata ini menawarkan beragam produk budaya seperti kuliner dan pertunjukkan seni tradisional yang menarik. Di desa ini kita bisa mencicipi sajian kuliner tradisional yang sudah sulit ditemukan di pasaran. Di antaranya ada tumpeng sego gurih, ndog gluduk, sego gudeg, caranggesing, dan masih banyak lagi. Salah satu yang paling khas adalah sego gudhangan yang berupa nasi dengan berbagai sayuran seperti bayam, kacang panjang, daun kenikir, kangkung, kecambah, dan wortel dipadu dengan campuran parutan kelapa dan sambel yang dikukus. Rasanya sangat lezat dan gurih! Apalagi ditambah dengan lauk seperti tempe garit, tahu goreng, dan telur rebus yang lembut. Siap menggoyang lidah anda dan dijamin membuat anda ketagihan.

Selain menawarkan produk kuliner yang otentik, Desa Wisata Grogol juga menawarkan beragam pertunjukkan seni tradisional. Tak heran kalau desa ini kemudian disebut sebagai desa budaya. Beragam kesenian tradisional terus dilestarikan oleh warga sekitar. Di antaranya ada ketoprak, wayang kulit, karawitan, wayang orang, keroncong, kuda lumping, dan cokekan. Masih eksisnya beragam kesenian tradisional tersebut tentu tak lepas dari kesadaran masyarakat untuk melestarikannya melalui didirikannya sanggar-sanggar kesenian. Sanggar kesenian di Desa Grogol tidak hanya diperuntukkan untuk warga lokal saja. Pengunjung pun juga diperbolehkan untuk mampir dan ikut menyaksikan mereka berlatih atau bahkan ikut belajar di sanggar. Beberapa sanggar yang jadi favorit pengunjung adalah Sanggar Wijaya Kusuma, Sanggar Bujo Gati, Sanggar Sekar Rinoce, dan Sanggar Ki Sarju.

Jika anda berkunjung di bulan-bulan tertentu anda bisa melihat upacara adat masyarakat desa. Ada upacara mitoni, tingkeban, jagongan, bancakan, tedhak siten, yang merupakan suatu rangkaian upacara berkaitan dengan fase kehidupan manusia. Ada juga upacara yang rutin yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan antara lain upacara wiwit, nyadran, dan pamidangan. Upacara wiwit biasanya dilakukan ketika masyarakat sedang menghadapi musim panen. Mereka akan berkumpul di sawah dan membuat acara sebagai bentuk syukur atas hasil panen. Upacara nyadran dilakukan setahun sekali tepatnya pada bulan syaban dengan membersihkan makam, berkumpul, berdoa, dan berbagi makanan. Sedangkan upacara Kamidangan adalah upacara tolak bala memohon keselamatan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Wisata Alam yang Indah, Unik, dan Mengandung Nilai Historis

Selain memang sebagai desa yang kental dengan budayanya, Grogol juga menawarkan wisata alam yang tak kalah ciamik. Di sini ada sebuah sumber mata air yang bernama Tuk Bedhug. Anda juga bisa melakukan wisata religius sekaligus menilik sejarah masa lalu di Desa Wisata Grogol karena terdapat Petilasan Sunan Kalijaga yang disebut Ketandan. Di lokasi inilah upacara adat Kamidangan biasa diselenggarakan.

Arena Outbond

Desa Wisata Grogol terus berusaha memberikan fasilitas terbaik untuk pengunjung. Jika anda berencana untuk menggelar kegiatan outing baik untuk kantor maupun kegiatan keluarga, lokasi ini sangat cocok karena menawarkan fasilitas outbond yang cukup lengkap. Sensasi tak kalah menantang adalah anda dan rombongan bisa mengeksplor Gunung Ampon, perbukitan indah di Desa Wisata Grogol. Anda bisa melihat hamparan pemandangan yang indah dan asri dengan mengambil paket wisata tracking gunung.

Kalau anda pecinta fotografi, suasana Desa Wisata Grogol ini sangat menarik dan dijamin akan menghasilkan foto-foto yang cantik. Suasana alamnya yang hijau dan masih terdapat pepohonan serta adanya beberapa bangunan kuno sangat pas untuk hunting foto.