Foto : lagilibur.com

Gunung Kidul memang tidak pernah main-main dalam mengembangkan potensi wisata yang dimiliki. Hampir setiap tahunnya kabupaten di sisi selatan Yogyakarta ini selalu berhasil membentuk obyek wisata baru dan juga merintis banyak desa wisata. Salah satu desa wisata yang sudah berkembang di Gunung Kidul adalah Desa Wisata Bejiharjo. Desa ini berlokasi di Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Desa ini pernah meraih predikat sebagai desa wisata terbaik oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2012.

Topografi Desa Bejiharjo cukup beragam, mulai dari deretan persawahan, aliran sungai, goa, dan pegunungan. Dari potensi tersebut tidak heran jika Desa Wisata Bejiharjo mengusung wisata alam sebagai konsep utama wisata desa. Telinga anda tentu tidak asing dengan wisata Cave Tubing Goa Pindul. Nama besar Goa Pindul tak bisa lepas dari usaha keras masyarakat Desa Bejiharjo bahu-membahu memoles kawasan Goa Pindul menjadi populer seperti sekarang. Masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata yang bernama “Dewa Bejo”  yang merupakan akronim dari Desa Wisata Bejiharjo terus berusaha memoles pariwisata desa menjadi semakin maju setiap tahunnya.

Selain Goa Pindul, masih terdapat wisata lain yang ditawarkan di Desa Wisata Bejiharjo yang layak untuk anda kunjungi. Konsep wisata yang ditawarkan mencakup wisata alam, wisata budaya, dan wisata edukasi.

Wisata Budaya

Keunggulan Desa Wisata Bejiharjo memang terletak di wisata alamnya. Namun masyarakat desa juga menyadari bahwa mereka memiliki potensi untuk pengembangan wisata budaya. Sehingga wisata budaya pun terus dikembangkan antara lain pagelaran seni tradisional seperti Wayang Beber Mangunjoyo, Gejog Lesung, legenda Gedong Gelaran, dan seni permainan egrang. Pagelaran seni tersebut berhasil menjadi magnet tersendiri untuk menarik kunjungan wisatawan. Wayang Beber menjadi sangat ikonik karena di dunia hanya ada dua obyek Wayang Beber dan salah satunya di Desa Bejiharjo.

Wisata Sejarah dan Edukasi

Belum banyak yang tahu jika ternyata di Desa Wisata Bejiharjo terdapat situs bersejarah bernama Situs Sokoliman. Situs ini konon berasal dari jaman Megalithikum. Selain situs Sokoliman, di kawasan ini terdapat Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman dan juga rute menyusuri tapak tilas perjalanan gerilya beliau. Jadi tak hanya berwisata alam, di Desa Bejiharjo pengunjung juga diajak berwisata sejarah untuk menambah edukasi.

Wisata edukasi lain yang ditawarkan adalah belajar budidaya ikan lele, melihat kerajinan blangkon, dan penyulingan minyak kayu putih. Pengunjung juga bisa membeli hasil kerajinan sebagai oleh-oleh yang khas.

Wisata Alam

Tentu wisata alam adalah wisata unggulan dari Desa Wisata Bejiharjo. Nama Goa Pindul sudah sangat populer bahkan hingga luar Yogyakarta. Wisata alam menawarkan paket wisata susur sungai di aliran Sungai Oya, susur Goa Gelatik, dan wisata tubing Goa Pindul. Sebenarnya di Desa Bejiharjo terdapat kurang lebih 12 goa namun belum semuanya dikembangkan. Masyarakat mengelolanya secara bertahap. Dengan semangat yang membara bukan tidak mungkin jika kemudian hari wisata goa yang dikembangkan di Desa Bejiharjo akan semakin bertambah.

Wisata Kuliner

Jika anda berkunjung ke sini jangan lupa untuk mencoba kuliner desa yang ditawarkan seperti teh rosella, sayur lombok ijo, garit tempe, dan masih banyak lagi. Sangat cocok disantap setelah menjelajah sungai di gazebo-gazebo yang sudah disediakan.

Fasilitas

Sebagai salah satu desa wisata yang populer tentu Desa Wisata Bejiharjo menyediakan fasilitas yang lengkap. Kelengkapan area parkir yang aman, kamar mandi yang banyak dan bersih, mushola, warung makan, dan homestay. Pengelola wisata juga menyediakan pemandu yang profesional untuk menemani anda menjelajah alam Desa Bejiharjo.