Foto : teamtouring.net

Lokasi Desa Wisata Klayar terletak di Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Klayar merupakan desa wisata yang dirintis dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Desa Kedungpoh. Desa ini memiliki potensi alam berupa perbukitan hutan kayu putih, bendungan Kedung Lumbu, dan aliran Sungai Oya yang melintasi desa.  Masyarakat desa menyadari potensi yang dimiliki dan terus bahu-membahu bersama untuk memoles desa mereka menjadi menarik.

Bendungan Kedung Lembu

Salah satu destinasi wisata andalan di desa ini adalah Bendungan Kedung Lembu. Destinasi ini dikembangkan sejak tahun 2017 berupa danau buatan yang luas dan airnya berasal dari mata air yang dibendung. Di sini pengunjung bisa menikmati beberapa wahana air seperti halnya naik becak air, mendayung perahu atau kano, naik kapal bermesin keliling sungai, hingga spot-spot foto yang unik. Wisata jelajah sungai ini sebenarnya memiliki konsep yang hampir sama dengan wisata jelajah sungai di Sungai Maron Pacitan. Jika Sungai Maron menawarkan jelajah sungai ke arah muara, di Bendungan Kedung Lembu ini pengunjung akan diajak menyusuri aliran hulu sungai bukan ke arah muara. Lokasi tempat wisata ini cukup strategis karena terletak di antara jalur menuju obyek wisata Goa Pindul dan Embung Batara Striten. Semua destinasi wisata di desa ini dikelola masyarakat setempat dan dinaungi oleh Bumdes.

Taman Bunga dan Spot Swafoto

Desa Wisata Klayar juga menawarkan wisata taman bunga. Taman bunga ini dibangun di sepanjang tepi aliran Sungai Oya. Pada bagian tengah area taman dibangun stone park atau taman batu buatan yang sangat cantik dikelilingi dengan gazebo-gazebo teduh untuk beristirahat dan berkumpul. Jika kita berjalan ke bagian ujung taman akan ditemui bangunan joglo, area outbond, dan area perkemahan. Jangan melewatkan untuk berswafoto di taman ini ya, karena akan ada beberapa spot foto menarik yang akan membuat instagram anda semakin penuh gaya.

Camping Ground

Desa Wisata Klayar juga memiliki area kemping dan outbond yang sangat luas kurang lebih 1 hektar. Area kemping ini berada di kawasan anak Sungai Oya sehingga panorama alam yang disajikan benar-benar indah. Apalagi adanya ketersediaan air yang cukup akan sangat mendukung lokasi ini untuk jadi area kemping yang layak untuk dijadikan rekomendasi tempat kemping dengan berkonsep alam.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Fasilitas di Desa Wisata Klayar sudah cukup lengkap. Terdapat kamar mandi umum, kawasan parkir yang luas, warung makanan, dan gazebo yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat. Tiket masuk ke kawasan Desa Wisata Klayar ini cukup terjangkau hanya Rp 3000, – dan biaya parkir Rp 2000, – untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000,- untuk mobil.