Foto : nasional.tempo.co

Jika anda pecinta wisata pantai, ada baiknya jika anda berkunjung ke Desa Wisata Ngestirejo berlokasi di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Desa wisata ini dikenal sebagai surganya obyek wisata pantai yang luar biasa. Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis setempat mengembangkan wisata di Desa Ngestiharjo tak main-main dibuktikan dengan pesatnya kunjungan wisatawan ke obyek wisata pantainya.

Pantai Krakal

Pantai ini salah satu pantai tertua dan terpopuler di Gunung Kidul. Pesona pasir putih dengan bebatuan karang yang indah di sepanjang pantai menjadi daya tarik tersendiri. Biot laut yang sangat mudah ditemui membuat pantai ini digemari wisatawan untuk datang tak hanya untuk berwisata pantai namun juga wisata edukasi. Jika anda berlibur ke Gunung Kidul maka Pantai Krakal harus masuk ke dalam list yang wajib anda kunjungi.

Pantai Betueng

Mungkin nama ini belum terlalu familiar di telinga anda. Walaupun memang masih terbilang sebagai wisata yang baru tapi jangan salah pantai ini sudah menjadi magnet baru bagi wisatawan.  Pantai Betueng menawarkan pesona alam yang tak kalah dengan pantai lain di Desa Ngestirejo. Lokasi pantai ini berada di sebelah barat Pantai Sarangan, jaraknya kurang lebih hanya 500 meter saja. Buat anda yang penggemar fotografi pantai ini sangat cocok untuk berburu foto yang keren karena kawasan pantainya masih bersih dan terjaga. Masyarakat setempat melalui Pokdarwis benar-benar serius dalam mengembangkan kawasan wisata pantai baru ini. Fasilitas yang dibangun sudah sangat lengkap, antara lain area parkir, kamar mandi, warung makan, bahkan hingga homestay.

Pantai Ngrumput

Kawasan pantai ini sangat cocok bagi anda yang menyukai hobi kemping. Pantai Ngrumput menawarkan hamparan pasir putih yang bersih, karang-karang yang luas, dan deretan tebing yang menambah suasana kemping menjadi menyenangkan. Lokasi ini sudah jadi langganan kemping wisatawan baik dari dalam maupun luar Gunung Kidul. Di kawasan pantai ini terdapat sebuah bukit yang cukup tinggi bernama Bukit Kosakora, di atas bukit ini wisatawan bisa melihat pemandangan pantai dan menyaksikan sunrise maupun sunset. Wisatawan juga bisa memasang tenda di atas bukit ini.

Pantai Sarangan

Pantai ini berdekatan dengan Pantai Beteung dan Pantai Krakal. Pantai Sarangan sedikit berbeda dengan pantai yang ada di Desa Ngestiharjo lainnya karena menawarkan sebuah pantai berbentuk menyerupai teluk kecil yang melengkung dengan garis pantai yang relatif pendek. Namun justru karena bentuknya yang pendek inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Sarangan. Gelombang pantai yang relatif kecil dan landai membuat wisatawan aman untuk berenang. Ketika berkunjung ke Pantai Sarangan sangat disarankan untuk naik ke Bukit Giri Sarangan di tepi pantai. Dari ketinggian akan terlihat pemandangan deretan pantai di Desa Ngestiharjo yang indah.