Foto : klikalkautsar3.blogspot.com

Salah satu desa wisata populer di Gunung Kidul adalah Desa Wisata Mulo. Desa ini berlokasi di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta cukup jauh berkisar 45 km yang bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam jika lalu lintas lancar. Desa Wisata Mulo menjadi dikenal luas karena memiliki wisata goa yang menakjubkan dan wisata ekstrim yang menantang adrenalin.

Wisata Goa yang Tidak Biasa

Wisata goa di Desa Wisata Mulo ini berbeda dari wisata goa di tempat lain. Goa-goa di sini saling terhubung satu sama lain. Mulai dari Goa Lengkep, Goa Ngoboran, Goa Ngingrong, dan Goa Jemblong. Jika anda berkunjung ke sini jangan sampai melewatkan aktivitas susur goa yang kini sedang populer. Aktivitas ini memang cukup menantang adrenalin. Kita akan dibawa berjalan di dalam goa yang luas dan panjang, berair dan licin, namun keindahan dalam goa yang tak main-main dijamin akan membuat anda takjub. Di atas goa terdapat stalagtit dan stalagmit yang masih aktif, kita bisa melihatnya bahkan dari jarak yang cukup dekat. Di dinding goa juga terdapat canopy atau ornament unik yang tumbuh di sekeliling dinding goa. Tak hanya itu, salah satu hasil fenomena alam yang unik di Goa Ngingrong adalah kita bisa menemuka dripstone atau batu tetes yang terbentuk dari tetesan air dari atas goa yang terus-menerus dan akhirnya mengkristal.

Wisata Ekstrim Flying Fox dan Replying

Selain berwisata susur goa, di sini kita juga bisa mencoba wisata ektrim yang lain yaitu flying fox. Kita akan merasakan sensasi terbang dari ketinggian kurang lebih 70 meter dan panjang lintasan kurang lebih 150 meter. Di sepanjang arena luncur flying fox kita akan disuguhi indahnya pemandangan tebing pegunungan Ngingrong. Salah satu keunikan tebing ini adalah terdapat tulisan lafadz Allah yang sangat populer.

Tak hanya flying fox, aktivitas ekstrim lain seperti repling juga harus anda coba ketika berlibur ke Desa Wisata Mulo. Repling adalah aktivitas ekstrim menggunakan tali carmantel dengan mesin penarik untuk kemudian menurunkan wisatawan dari atas mulut goa dengan ketinggian kurang lebih 80 meter. Wisatawan akan diturunkan tepat di depan mulut Goa Ngingrong sehingga akan langsung melihat keindahan goa.

Wisata Taman Batu Geopark Gunung Sewu

Selain menawarkan wisata alam dan aktivitas yang ekstrim, Desa Wisata Mulo juga menawarkan wisata edukasi. Di desa ini terdapat Taman Batu Geopark Gunung Sewu yang merupakan laboratoriom sekaligus galeri alam yang menyajikan aneka koleksi batuan-batuan yang ada di kawasan Gunung Sewu. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan alternatif wisata edukasi untuk anak-anak sekolah ataupun akademisi.

Bumi Perkemahan

Desa Wisata Mulo sangat cocok dijadikan lokasi kemping. Kawasan camping ground yang disediakan sangat luas bahkan bisa mencapai kapasitas 50 tenda.