Foto : travel.detik.com

Jika anda tertarik dengan desa wisata yang sarat akan budaya, anda bisa menjadikan Desa Wisata Bobung sebagai pilihan liburan anda. Desa Wisata Bobung terletak di Desa Putat, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Desa ini menjadi telah sentra kerajinan batik kayu sejak tahun 2001 berawal dari kebiasaan masyarakat setempat yang sering menggelar upacara adat ketika musim panen tiba. Di upacara tersebut masyarakat menampilkan tari topeng Pandji sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas limpahan berkah.

Tari Pandji mulai berkembang di desa ini pada tahun 1960. Tari Pandji adalah tarian khas yang konon dahulu disebarluaskan oleh Sunan Kalijaga sebagai sarana menyebarkan agama Islam. Dari kebutuhan topeng untuk upacara itulah muncul inisiatif untuk memproduksi sendiri topeng-topeng tersebut. Seiring berjalannya waktu, topeng tak hanya jadi perlengkapan tarian saja namun berkembang menjadi hiasan rumah sehingga menarik ketertarikan orang untuk memilikinya. Maka banyak masyarakat desa yang kemudian tertarik menjadi pengrajin seiring dengan banyaknya permintaan dari luar desa. Tercatat saat ini sudah ada lebih dari 400 pengrajin topeng di Desa Wisata Bobung Putat ini.

Bahan baku untuk membuat topeng adalah kayu Sengon dan Kayu Pule. Keduanya dipilih tentu bukan karena tanpa alasan. Kayu Sengon memiliki karakteristik berserat cukup kasar namun bisa awet dalam waktu yang lama. Sedangkan kayu Pule cenderung lebih empuk, seratnya halus, warnanya putih bersih sehingga mudah untuk dibentuk. Namun kayu sengon membutuhkan waktu yang kama untuk bertumbuh. Dengan masing-masing karakteristik tersebut keduanya disatukan untuk menghasilkan hasil karya kerajinan batik kayu yang indah dan bernilai seni tinggi.

Pengrajin selalu berusaha memberikan beragam inovasi kepada produk batik kayu yang dibuat. Batik kayu tak hanya dibentuk menjadi topeng tapi juga menjadi beragam souvenir cantik seperti gantungan kunci, nampan, wayang, dan masih banyak lagi. Anda bisa melihat koleksi souvenir batik kayu di galeri khusus yang digunakan untuk memamerkan hasil karya pengrajin. Desa wisata ini juga menawarkan wisata edukasi. Pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan batik kayu bahkan bisa ikut mencobanya dengan mengikuti workshop yang diadakan. Pilihan lainnya, anda bisa mengikuti kegiatan home visit yaitu melihat dan belajar langsung di rumah-rumah pengrajin.

Selain melihat proses pembuatan batik kayu, di Desa Wisata Bobung ini wisatawan juga bisa melihat beragam pertunjukan seni tradisional. Ada reog, jathilan, kethoprak, dan tentunya tarian Topeng Pandji yang menjadi ikon dari Desa Wisata Bobung. Desa wisata ini bisa diakses dengan mudah baik dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jalanan yang akan dilalui sudah beraspal halus. Tersedia fasilitas seperti toilet hingga homestay bagi anda yang hendak berkunjung ke sini.