Foto : raskita.com

Kulon Progo sudah sangat terkenal sebagai surga wisata alam seperti halnya curug atau air terjun. Tahukan anda jika di Kulon Progo terdapat air terjun tertinggi di Yogyakarta? Namanya adalah air terjun Sidoharjo. Air terjun ini terletak di Dusun Gonolangu, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Akses jalan menuju lokasi wisata ini cukup terdapat banyak tanjakan naik turun karena memang berada di kawasan Perbukitan Menoreh. Tapi tenang, kondisi jalan yang dilalui sudah dalam kondisi yang baik namun anda tetap harus hati-hati apalagi ketika turun hujan karena akan sangat licin.

Rute menuju ke lokasi ini cukup mudah. Dari arah pusat Kota Yogyakarta anda bisa mulai bergerak ke arah Jalan Godean menuju Perempatan Nanggulan di Kulon Progo. Lalu belok kanan menuju perempatan lampu merah Dekso, ikuti jalan hingga sampai di papan nama MTs 4 Samigaluh ikuti hingga sampai bangunan MTs kemudian belok kiri menuju pertigaan yang terdapat gardu atau poskamling. Begitu sampai di lokasi kita tidak bisa langsung melihat air terjun, dari parkiran kita masih harus berjalan sebentar kurang lebih 300 meter menuju lokasi. Jalur perjalanan ini berupa jalan setapak yang melewati hamparan sawah dan hijaunya pepohonan di hutan Menoreh.

Air terjun Sidoharjo ini ibarat surga alam yang tersembungi di Perbukitan Menoreh. Belum banyak orang yang mengetahuinya. Padahal wisata ini menawarkan keindahan yang masih sangat alami. Anda akan disuguhi tebing batuan dengan tinggi kurang lebih 75 meter dengan kemiringan sudut sekitar 90 derajat. Air terjun ini sangat istimewa karena menjadi yang paling tinggi di Yogyakarta. Aliran air terjun yang cukup deras menuruni tebing terlihat sangat menyegarkan. Pada bagian bawah air terjun kita bisa melihat kolam yang menampung aliran air terjun. Kolam ini bisa kita gunakan untuk berendam atau hanya sekadar bermain air. Suasana kanan dan kiri air terjun masih asri dan terjaga. Tentu akan semakin sayang untuk anda lewatkan bukan.

Air terjun Sidoharjo buka setiap hari selama 24 jam penuh sehingga anda bisa kapan saja berkunjung ke sini. Tapi sangat disarankan untuk datang pada pagi hari karena suasana masih sepi belum banyak wisatawan yang datang dan tentunya udara pegunungan masih sangat segar. Untuk menikmati keindahan air tejun Sidoharjo kita hanya perlu membayar biaya parkir sejumlah Rp 2000, – untuk motor dan Rp 5000,- untuk mobil.

Sekadar informasi bagi anda, lokasi air terjun Sidoharjo belum terjangkau sinyal seluler sehingga GPS sebagai petunjuk untuk menuju ke sini akan tidak berfungsi. Tapi anda tak perlu khawatir, warga desa di sekitar air terjun sangat ramah jadi anda tak ada salahnya untuk bertanya kepada mereka jika belum menemukan lokasinya.