Foto : jogja.tribunnews.com

Jika anda sedang merencanakan untuk berlibur ke Yogyakarta pastikan anda menjadikan Bukit Panguk Kediwung sebagai salah satu obyek wisata tujuan anda. Bukit Panguk Kediwung adalah salah satu obyek wisata yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian. Jika dibandingkan dengan obyek wisata perbukitan lain di Bantul memang Bukit Panguk Kediwung termasuk baru karena dibuka pada tahun 2016. Namun jangan salah, lokasi ini sudah mencuri hati banyak pengunjung dari dalam maupun luar kota.

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jangan khawatir untuk tersesat karena di sepanjang jalan menuju ke lokasi kita akan melihat beberapa papan petunjuk. Kurang lebih berjarak 20 km dari pusat Kota Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta anda bisa bergerak menuju ke selatan tepatnya ke arah Jalan Imogiri Timur, ikuti jalan hingga menemukan Pasar Imogiri, lalu belok kiri dan lanjutkan perjalanan menuju ke arah Dlingo, dari sana anda akan mulai melihat petunjuk jalan menuju Bukit Panguk Kediwung. Akses jalan menuju Bukit Panguk Kediwung sudah diaspal halus hanya saja konturnya sedikit naik turun namun masih dalam kategori aman. Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena akses ke sini menggunakan kendaraan umum cukup sulit.

Pemandangan yang Menakjubkan

Salah satu yang menjadi magnet bagi pengunjung untuk datang adalah keindahan pemandangan alamnya. Pengelola sudah menyediakan beberapa gardu pandang terbuat dari kayu dan bambu yang sengaja dibangun menjorok ke arah bibir tebing sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas pemandangan di bawah Bukit Panguk Kediwung yang eksotis. Dari atas kita bisa melihat aliran panjang Sungai Oya yang membelah bukita hijau yang menghampar hijau. Gardu pandang ini bukan gardu pandang biasa karena memiliki bentuk-bentuk yang unik karena sekaligus jadi spot foto. Ada yang berbentuk jembatan memanjang, bentuk sayap kupu-kupu, bentuk kereta kuda, dan masih banyak lagi. Gardu pandang dengan bentuk biasa juga tersedia. Gardu pandang di Puncak Bukit Penguk Kediwung ini terbagi dalam dua bagian, yaitu bagian timur dan selatan. Gardu pandang bagian timur sangat cocok untuk menikmati matahari terbit di pagi hari sedangkan gardu pandang sebelah selatan menghadap ke pegunungan yang berjajar. Kedua spot sama-sama menyuguhkan pemandangan yang luar biasa dan tidak boleh anda lewatkan ketika liburan di Yogyakarta. Jika anda ingin melihat pemandangan di gardu pandang di sisi timur anda harus membayar Rp 3000, – untuk durasi waktu 3 menit. Tenang, di gardu pandang ini anda tak hanya akan melihat pemandangan keren saja namun anda juga bisa berswafoto. Untuk gardu pandang di bagian selatan anda bisa menikmatinya tanpa perlu membayar.

Menikmati Sunrise dan Sunset

Bukit Panguk Kediwung menjadi alternatif yang tepat untuk menikmati sunrise ataupun sunset selain pantai. Jika anda datang ke sini pada pagi hari anda akan melihat matahari terbit di antara hamparan kabut pagi yang lembut tentunya dengan udara pagi yang sangat segar. Apalagi bagi anda yang pecinta fotografi akan sangat cocok untuk berburu foto yang menakjubkan di pagi hari. Sangat disarankan untuk datang tepat setelah Subuh atau sekitar pukul 05.00 untuk mendapatkan sunrise yang sempurna. Lokasi wisata ini memanh sudah buka sejak pagi hari. Tak heran karena pengnjung yang berburu sunrise sudah memenuhi lokasi sejak pagi buta. Pastikan anda memeriksa kondisi cuaca dahulu sebelum ke sini ya. Jika malam sebelumnya turun hujan makan tidak direkomendasikanuntuk berkunjung karena dipastikan sunrise tidak kelihatan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini memang saat musim kemarau. Jangan kecewa dahulu jika anda tidak bisa berkunjung di pagi hari karena saat sore hari keindahan yang disuguhkan Bukit Panguk Kediwung juga tidak kalah menawan. Anda akan disuguhi suasana sore yang syahdu lengkap dengan angin semilir yang membuat anda lebih  fresh.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Fasilitas yang disediakan di Bukit Panguk Kediwung sudah cukup lengkap, terdapat area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, mushola, dan warung makanan. Untuk menikmati keindahan Bukit Panguk Kediwung anda hanya akan dipatok biaya Rp 3000,- dengan biaya parkir sebesar Rp 2000,-