Foto : id.wikipedia.org

Bagi sebagian wisatawan mungkin ketika ditanya mengenai wisata candi di Yogyakarta yang langsung terlintas adalah Candi Prambanan. Memang Candi Prambanan sudah tidak perlu lagi diragukan pesonanya. Tapi anda perlu tahu bahwa masih banyak candi lain di Yogyakarta yang memiliki nilai sejarah tinggi dan tentunya tak boleh anda lewatkan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Barong. Disebut Candi Barong karena di bangunan candi terdapat ukiran yang berbentuk menyerupai Barong atau Singa. Pada awal ditemukan, kondisi candi bercorak Hindu ini sudah sangat hancur kemudian berhasil dilakukan pemugaran yang memakan waktu kurang lebih 5 tahun dan selesai pada tahun 1992.

Candi Barong terletak di Dusun Sambisari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Dari arah pusat Kota Yogya anda bisa bergerak menuju Jalan Piyungan-Prambanan di sebelah selatan Candi Prambanan. Ikuti jalan hingga menemukan palang kereta api, dari palang kereta api belok kiri dan ikuti jalan hingga ada petunjuk jalan menuju Restoran Abhayagiri. Ikui terus jalan hingga ketemu Candi Barong.  Kondisi jalan mungkin akan sedikit menanjak namun masih mudah untuk diakses.

Kompleks Candi Barong cukup luas dengan konstruksi candi berupa punden berundak 3 tingkat. Jika anda datang ke sini pintu masuk berada di sebelah barat bangunan. Pada tingkat pertama kita akan melihat beberapa candi yang berdiri namun kebanyakan sudah tidak lengkap hanya tersisa alasnya saja. Pada tingkat kedua, berupa area candi yang terbuka dengan beberapa batuan candi kecil yang berdiri. Di area ini kita seakan dibawa ke pelataran istana megah di masa lalu. Sedangkan di area ketiga terdapat dua candi cukup besar dengan ukuran dan tinggi yang sama yaitu 8,18 x 8,18 meter dengan tingginya sekitar 9,05 meter. Di area ini anda tak boleh melewatkan untuk berfoto di gapura kecil di ujung tangga yang memberikan kesan anda sedang memasuki gerbang istana kerajaan. Atap candi berbentuk runcing dilengkapi dengan hiasan berupa ukiran daun-dan dan Ghana yang menjadi tempat untuk memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri yang merupakan dewi kesuburan.

Selain menawarkan arsitektur bangunan candi yang sangat luar biasa, lokasi candi yang berada dalam ketinggian 199 mdpl sekaligus memberi pemandangan area candi yang asri. Sekeliling Candi Barong berupa area padang rumput yang hijau dan luas. Candi Barong buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB tapi waktu yang cocok untuk berkunjung ke sini adalah pada sore hari karena pada sore hari kita bisa melihat sunset yang unik di kawasan candi. Tentu ini akan jadi pengalaman yang menarik karena candi bisa menjadi alternatif untuk menikmati sunset. Untuk masuk ke kompleks Candi Barong anda hanya perlu merogoh kocek Rp 5000, – Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap, ada area parkir, toilet, dan gazebo yang bisa anda gunakan untu beristirahat sejenak.