Foto : tribunnews.com

Salah satu wisata keren yang ditawarkan Yogyakarta adalah wisata goa yang jumlahnya banyak. Bagi sebagian orang wisata goa terkesan ekstrim sehingga tak jarang merreka enggan mencobanya. Nah jika kamu ingin berwisata susur goa namun sebelumnya belum pernah memiliki pengalaman sama sekali ada sebuah goa di Bantul yang cocok untuk para pemula. Goa Gajah Lemahabang adalah goa alami yang berbentuk goa horizontal dengan kedalaman sekitar 200 meter. Kedalaman itu hanya perkiraan saja, kedalaman yang sesungguhnya belum diketahui karena terdapat tumpukan tanah yang ada di bagian goa. Disebut dengan Goa Gajah karena di dalam goa terdapat sebuah gumpalan batu yang memiliki bentuk menyerupai gajah.

Lokasi dan Rute

Goa Gajah Lemahabang berlokasi di Lemahabang, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Lokasi goa ini masih berada dalam kawasan wisata Tebing Watu Mabur Bantul. Untuk kesini rute yang harus ditempuh sebenarnya tergolong mudah. Cukup ikuti rute menuju Kebun Buah Mangunan. Lalu temukan persimpangan terakhir ke arah Kebun Buah Mangunan lalu ikuti petunjuk menuju Goa Gajah. Akses jalan menuju goa ini naik turun dan terdapat beberapa bagian  yang mungkin masih berupa batuan. Namun jalan yang berada di sekitar sudah beraspal halus. Goa ini terletak di area perbukitan dan berada di ujung pemukiman penduduk

Pemandangan Goa yang Menakjubkan

Walaupun sudah dibangun tangga untuk menuruni kompleks goa namun Goa Gajah masih sangat alami dan terjaga. Bagi yang belum pernah mengunjungi obyek wisata goa sangat direkomendasikan untuk datang ke sini. Di dalamnya terdapat stalagmit dan stalagtit aktif yang indah. Goa Gajah memiliki dua tipe lorong, mulai dari lorong dengan jalan setapak yang normal hingga jalan yang sempit. Kamu tetap harus berhati-hati ya karena lorong goa bisa jadi licin dan rawan terpeleset.

Salah satu keunikan dari Goa Gajah ini terletak pada pintu masuknya. Ketika masuk kita akan melewati pintu dengan bentuk horizontal, namun ketika keluar kita akan melewati pintu vertikal  dengan sebuah pohon besar yang tumbuh dari goa hingga menjulang sampai ke mulut goa. Keunikan lain yang ditawarkan Goa Gajah Lemahabang adalah terdapat salah satu spot yang disebut ‘cahaya surga’. Disebut demikian karena terdapat celah di langit goa sehingga memungkinkan cahaya matahari untuk menerobos ke dalam dan membentuk pemandangan yang indah. Jika kamu ingin melihat fenomena ‘cahaya surga’ yang langka tersebut kamu harus berkunjung ke sini setelah pukul 12 siang. Posisi goa menghadap ke arah barat sehingga hanya bisa dilihat ketika matahari sudah condong ke arah barat. Pastikan juga kamu ke sini ketika cuaca sedang cerah ya.

Goa ini cocok untuk kegiatan susur goa bagi pemula. Tak usah khawatir karena pengelola Goa Gajah sudah menyediakan pemandu yang siap menemani selama kegiatan susur goa. Kamu tak hanya akan menyusuri goa dengan menikmati keindahan alamnya namun juga sekaligus mendapatkan pengetahuan dari pemandu yang menjelaskan seluk beluk tantang goa.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Goa Gajah Lemahabang sudah menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Tersedia kamar mandi, area parkir, warung makan, dan penyewaan senter. Buat kamu yang tertariku untuk berkunjung kesini jangan ditunda ya karena tiket untuk masuk ke kawasah Goa Gajah Lemahabang gratis sedangkan untuk pemandu tidak dipatok biaya tertentu, kita membayar seikhlasnnya. Kita 14perlu membayar biaya parkir Rp 2000, – untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000, – untuk kendaraan roda empat. Persewaan senter juga terbilang murah hanya Rp 5000,-