Foto : camerawisata.com

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika Yogyakarta memiliki wisata paket komplit. Bahkan wisata yang unik dan jarang ada di dunia bisa kamu temukan di sini. Jika kamu liburan ke Yogyakarta pastikan kamu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Yogyakarta patut berbangga memiliki Gumuk Pasir Parangkusumo karena obyek wisata ini sangat unik dan jarang sekali bisa ditemukan, bahkan diklaim hanya ada 3 gumuk pasir di Asia Tenggara, yaitu di Filipina, Vietnam, dan tentunya di Gumuk Pasir Parangkusumo ini.

Dari arah pusat Kota Yogyakarta kamu bisa mulai bergerak ke arah selatan menuju Jalan Parangtritis, ikuti saja jalan tersebut hingga kamu menemukan jembatan panjang sebelum pos retribusi. Dari situ kamu bisa belok kanan dan menemukan papan nama Gumuk Pasir Parangkusumo. Sebenarnya lokasi ini tidak begitu jauh dari Yogyakarta, hanya memakan waktu kurang lebih satu jam jika lalu lintas lancar. Akses jalan menuju gumuk pasir sudah muda dijangkau bahkan kamu juga bisa menaiki kendaraan umum seperti bus untuk sampai di lokasi. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan hamparan gumuk pasir yang luas, dengan panjang kurang lebih 2 km dari ujung Sungai Opak, melewati Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok.

Spot Foto yang Cantik

Buat kamu yang hobi berburu foto, berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo adalah pilihan yang sangat tepat. Gundukan gumuk pasir yang tak beraturan justru membuat semakin menarik, di sana juga terdapat pohon kaktus dan cemara yang biasa jadi spot foto. Selain spot foto alami tersebut, juga tersedia spot foto buatan yang tak kalah bagus dan tentunya makin membuat gaya kamu keren. Gumuk Pasir Parangkusumo sudah sering menjadi langganan para calon pengantin untuk dijadikan spot pemotretan pre wedding.

Tempat Berburu Sunset

Gumuk Pasir Parangkusumo ini buka setiap hari dan bisa kamu kunjungi kapanpun. Tapi waktu berkunjung yang pas adalah di sore hari. Di sore hari matahari sudah tidak berada di atas kepala sehingga suasana tidak panas. Semakin sore suasananya juga makin menyenangkan karena kamu bisa menikmati sunset di hamparan pasir pantai namun kamu tidak perlu ke pantai. Sangat unik bukan?

Olah Raga Ekstrim Sandboarding

Di sini kamu tidak hanya datang untuk melihat suasana gumuk pasir lalu berfoto saja. Ketika berkunjung ke sini pastikan kamu mencoba olah raga sandboarding yang jadi ikon dari wisata satu ini. Kamu bisa merasakan ekstrimnya sandboarding ini dengan membayar Rp 50.000- Rp 200.000, – untuk menyewa papan luncur lengkap dengan helm dan pelindung siku. Jangan khawatir jika kamu merasa belum bisa berseluncur karena ada pemandu yang siap membimbing kamu. Sandboarding ini sangat populer bahkan anggota grup Seventeen salah satu boyband populer asal Korea Selatan pernah ke sini dan mencoba merasakan sensasi sand boarding. Tentu kamu tidak boleh melewatkannya dong, artis Korea saja sudah mencobanya, lalu kamu kapan?

Buat kamu yang tertarik untuk datang ke sini jangan khawatir karena tiket masuk ke kawasan ini gratis kamu hanya perlu membayar biaya parkir sayang berkisar Rp 3000,- hingga Rp 10.000,- Fasilitas yang disediakan di sini sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, area parkir, dan warung makan. Sebelum ke sini pastikan memakai pakaian yang nyaman ya.