Foto : telusurindonesia.co

Wisata Yogyakarta memang super lengkap, dari wisata alam, religi hingga edukasi. Tak kalah dengan daerah lain, Jogja juga memiliki theme park yang luas, lengkap dan mengasyikan. Theme park ini bisa dinikmati oleh anak-anak dan orang dewasa. Memiliki luas sekitar 7 hektar dan dekat dari pusat kota Jogja, inilah Sindu Kusuma Edupark.

Sindu Kusuma Edupark atau biasa disingkat dengan SKE, terletak di Jalan Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hanya berjarak 3 km dari Tugu Yogyakarta, Sindu Kusuma Edupark mudah diakses. Kata ‘Sindu’ pada Sindu Kusuma Edupark menggambarkan lokasi theme park ini, yaitu Sinduadi. Sedangkan kata ‘Kusuma’ merujuk pada manajemen theme park ini, yaitu Kusuma Agrowisata yang berpusat di Kota Batu, Jawa Timur.

Sindu Kusuma Edupark diresmikan pada tahun 2014 dan sudah ramai dikunjungi hingga saat ini. Karena dibawah manajemen Kusuma Agrowisata, semua wahana dan atraksi sudah memenuhi standar keamanan. Ada beberapa wahana yang memerlukan perhatian lebih, karena ada batas minimum tinggi atau berat untuk menikmati wahana tersebut.

Yang menjadi icon dan wahana favorit di SKE ini adalah Cakra Manggilingan atau Ferris Wheel. Dengan ketinggian 48 meter, pengunjung dapat menempati salah satu kapsul dan menikmati pemandangan dari atas. Pada Cakra Manggilingan ada 24 kapsul yang bisa di isi masing-masing 4 orang untuk mencoba wahana ini. Begitu sampai di puncak, pengunjung dapat melihat bird eye view dengan 360 derajat. Pemandangan kota Jogja, perbukitan hingga gagahnya Gunung Merapi, bisa disaksikan dari Cakra Manggilingan.

Ada yang unik di SKE ini, sebab nama wahananya menggunakan bahasa Jawa, seperti Cakra Manggilingan yang biasa dikenal dengan Ferris Wheel. Kemudian ada wahana Sepeda Mabur atau Flying Bicycle, di mana pengunjung akan mengayuh sepeda di lintasan yang cukup tinggi. Ada pula Kursi Mabur atau Flying Chair, yang juga menjadi favorit para pengunjung di sini.

Tidak hanya itu, ada beragam wahana lainnya, sepertu Roti Putar atau Spinning Cup, di mana pengunjung akan merasakan sensasi diputar-putar pada roti yang berbentuk cupcake. Kemudian ada Montor Tumbur atau Bumper car yang asyik dimainkan bersama teman-teman dengan saling menubrukkan mobil. Ada wahana Komidi Putar, Kora-kora, Panggon Lunjak (Trampoline) dan masih banyak lagi.

Jika tidak ingin bermain, pengunjung bisa menikmati film di bioskop 4D dan 8D. Di bioskop ini, pengunjung akan merasakan sensasi menonton film dengan kursi yang digoyangkan atau hembusan angin secara tiba-tiba. Atau mencoba untuk menantang adrenalin dengan mengunjungi House of Terror yang dikenal sebagai Rumah Hantu.

Pengunjung juga bisa mengelilingi SKE dengan menyewa Pit Egrang atau Segway. Sebelum menaikinya, petugas akan memberikan helm dan pengaman untuk safety,juga mengajarkan cara menggunakannya. Pada malam hari, pengunjung dapat melihat area Light Festival yang dipenuhi dengan lampu warna-warni yang cantik. Sangat cocok untuk ber-selfie ria.

Sesuai namanya, Sindu Kusuma Edupark juga memilihi wahana edukasi, yaitu Omah Musik dan Omah Batik. Di sini pengunjung dapat mempelajari sejarah music dan batik dari zaman dahulu kala hingga saat ini. Baik di Omah Musik dan Omah Batik, semua barang bersejarah ditata dengan sangat apik dan diberi penjelasan yang cukup detail. Bahkan di Omah Musik, pengunjung dapat mendengarkan music yang diputar dari gramafon antic.

Tiket masuk Sindu Kusuma Edupark dihargai Rp20.000 per orang yang meliputi tanda masuk, Omah Batik, Omah Musik dan Terapi Ikan. Untuk bisa menikmati wahana, ada biaya tambahan berkisar Rp10.000 hingga Rp50.000 bergantung pada wahana masing-masing. Sistem pembayarannya dengan top up pada kartu tiket masuk. Ada pula tiket terusan untuk anak seharga Rp90.000 dan dewasa seharga Rp100.000.

Sindu Kusuma Edupark menyajikan wahana bermain yang cukup lengkap dengan area yang luas dan dekat dengan pusat kota Jogja. Bahkan ada area Waterpark untuk anak-anak yang ingin bermain air. Jika ingin bersantai, ada pusat kuliner yang enak dan nyaman. Tertarik ke Sindu Kusuma Edupark?