Foto : tuguwisata.com

Kulon Progo dikenal sebagai salah satu kabupaten di DIY yang memiliki beragam wisata alam, baik pantai, perbukitan, air terjun, hingga waduk. Salah satunya adalah Waduk Mini Kleco yang cukup populer di Kulon Progo. Walaupun berupa waduk buatan namun jangan khawatir karena hal ini tidak akan mengurangi keindahan yang ditawarkan. Waduk Mini Kleco berada di bagian utara Kulon Progo tepatnya di Dusun Ngesong, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Melihat lokasinya tentu bisa ditebak jika letaknya memang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Tetapi akses jalan menuju waduk mini ini sangat mudah dijangkau. Dari pusat Kota Yogyakarta kamu bisa bergerak menuju ke arah Jalan Godean lanjutkan menyeberang Sungai Progo hingga bertemu dengan perempatan Nanggulan, lalu berjalan menuju Kantor Kecamatan Girimulyo, ikuti jalan hingga bertemu sebuah jembatan lalu belok kiri mengikuti petunjuk arah menuju lokasi Waduk Mini Kleco.

Wisata alam ini sekarang jadi salah satu destinasi wisata yang cukup digandrungi wisatawan khususnya anak-anak muda.Tempat ini menawarkan pesona perbukitan yang indah dan sejuk. Tentunya lanskap waduk yang bening membuat suasana kian menenangkan. Apalagi jika kita berkunjung ke sini pada pagi hari. Pada pagi hari kita bisa melihat sunrise dengan kabut tipis di atas pegunungan dan bila cuaca cerah kita bisa melihat Gunung Merapi dari kejauhan. Bahkan kita bisa mendengar suara hewan-hewan yang berada di hutan sekitar Waduk Mini Kleco, suasana seperti ini tentu akan sangat langka kita temukan di tempat lain apalagi di kota. Jika dibandingkan dengan Waduk Sermo memang waduk ini berukuran lebih kecil sehingga disebut waduk mini, tapi untuk pemandangan bisa diadu. Di sini bisa jadi alternatif yang pas untuk melihat pemandangan dari ketinggian selain di Puncak Suroloyo.

Ketika sore hari, kamu bisa duduk santai menikmati syahdunya angin sore dan menunggu sunset yang cantik. Apalagi kalau kamu datang bersama orang tersayang, dijamin harimu akan menyenangkan. Buat kamu yang memiliki hobi fotografi Waduk Mini Kleco bisa jadi spot berburu foto yang menarik. Kalau kamu pecinta alam dan suka kemping, lokasi ini juga bisa kamu jadikan alternatif tempat. Tersedia area kemping yang cukup memadai.

Waduk Mini Kleco sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat kamar mandi, mushola, area parkir, dan gazebo. Jika kamu berkunjung ke sini pastikan membawa bekal ya karena warung yang menjual makanan di sini belum begitu lengkap dan tak jarang mereka tidak membuka lapaknya.

Walaupun kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah namun biaya untuk masuk ke wisata ini bisa dibilang sangat murah. Setiap pengunjung yang ingin datang ke sini hanya dipatok biaya retribusi Rp 3000, – rupiah. Sedangkan untuk biaya parkir kamu cukup membayar Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000, – untuk mobil.