Foto : liburananak.com

Yogyakarta tak hanya kaya akan wisata alam dan kulinernya, namun juga memiliki beragam wisata edukasi yang menambah pengetahuan kita. Salah satu obyek wisata edukasi yang sebaiknya jangan anda lewatkan ketika berlibur ke Yogyakarta adalah Wild Rescue Center Yogyakarta. Terdengar keren bukan? Tempat ini berlokasi di Derwolo, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Apalagi jika anda pecinta satwa tempat ini sangat cocok untuk menambah insight baru selama liburan, bahkan anda juga bisa bergabung sebagai volunteer. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sini anda bisa menyusuri Jalan Godean, ikuti jalan lurus ke arah barat melewati jembatan Sungai Progo hingga menemukan pasar Kenteng, ikuti jalan hingga menemukan papan petunjuk arah menuju lokasi Wildlife Rescue Center.

Wildlife Rescue Center Jogja (WRC Jogja) ini merupakan lembaga nonprofit yang bergerak dalam usaha menyelamatkan dan merehabilitasi satwa yang terancam keberadaannya. Di sini kita bisa melihat beraneka ragam satwa yang jumlahnya ditaksir hingga ratusan mulai dari Monyet, Beruk, Owa Jawa hingga berbagai jenis burung bisa kita lihat di sini. Sudah mirip dengan kebun binatang, namun bedanya di sini hewan direhabilitasi agar bisa hidup seperti di habitat aslinya. Tidak heran jika pengunjung tidak boleh memberi makan satwa yang ada. Walaupun sebagai tempat rehabilitasi satwa, namun Wild Rescue Center tetap dibuka untuk umum dengan menawarkan beragam daya tarik tak hanya sekadar melihat satwa saja. Namun akses untuk umum terbatas hanya di kawasan yang diijinkan petugas, disarankan untuk datang kesini secara berombongan agar akses yang diebrikan bisa lebih banyak. Walaupun aksesnya terbatas tapi anda jangan khawatir, karena masih ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di sini. Antara lain outbond, high rope games, dan edukasi konservasi. Biasanya WRC Jogja jadi alternatif mahasiswa di Yogyakarta untuk mengadakan malam keakraban. Di sini kita pengunjung juga boleh berkemping, pengelola telah menyediakan area untuk kemping namun pengunjung harus meminimalisasi suara karena satwa-satwa cukup sensitif terhadap suara. Lokasi ini sangat cocok bagi anda yang ingin mencari kenyamanan dan ketenangan.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari WRC Jogja ini adalah keberadaan kubah atau dome raksasa yang sebenarnya merupakan tempat tinggal orangutan.Tempat tinggal orangutan didesain khusus agar menyerupai habitat aslinya di alam liar. Dome ini memiliki diameter kurang lebih 125 meter dan memiliki tinggi mencapai 25 meter serta mampu menampung hingga 200 orangutan. Jika anda kesini maka spot ini adalah yang wajib untuk anda lihat karena jadi ikon dari WRC Jogja.  Fasilitas yang disediakn WRC Jogja sudah cukup lengkap, terdapat kamar mandi, area parkir, area outbond, hingga penginapan.