Foto : travel.tribunnews.com

Sebenarnya kawasan ini awalnya adalah sebuah tempat makan namun sengaja dirombak agar bisa memberdayakan masyarakat di sekitarnya hingga jadilah Desa Wisata Garongan yang kini jadi salah satu desa wisata populer di Sleman. Sebagai desa wisata yang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi tak heran jika udara di sini sangat sejuk dan menyegarkan. Berjarak kurang lebih 25 km dari pusat Kota Yogyakarta. Dari pusat kota anda perlu bergerak ke arah utara menuju ke arah Gunung Merapi. Tepatnya berada di Desa Garongan terletak di Garongan Kembang, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Akses jalanan menuju ke sini sangat mudah dijangkau dan sudah beraspal halus.

Sebagian besar lahan pertanian di Desa Wisata Garongan berupa kebun salak. Pengunjung bisa leluasa berjalan mengelilingi kebun salak. Apalagi jika dilakukan di pagi hari, suasananya yang tenang dan udaranya yang sangat sejuk sangat sayang untuk anda lewatkan ketika berkunjung ke sini. Jika cuaca cerah kita bisa melihat pemandangan indah dari Gunung Merapi yang berjarak kurag lebih 14,5km dari desa. Desa Wisata Garongan menawarkan beragam kegiatan wisata yang menarik.

Kegiatan Outdoor dan Outbond

Desa wisata Garongan menawarkan fasilitas untuk kegiatan outdoor yang cukup lengkap. Sangat cocok untuk anda yang hendak menggelar outing kantor atau yang ingin liburan secara berombongan. Beberapa permainan outdoor yang disediakan antara lain ada susur sungai, lomba menangkap ikan, menyeberangi kolam, dan masih banyak lagi. Dijamin di Desa Wisata Garongan kegiatan outing anda akan menyenangkan dan tentunya menyehatkan karena banyak kegiatan yang akan membuat anda terus bergerak. Tenang, semua kegiatan outdoor di Desa Wisata Garongan masuk dalam kategori yang aman jadi anda tidak perlu khawatir. Selain itu juga ada pemandu yang siap siaga.

Salah satu aktivitas unggulan di Desa Wisata Garonagn adalah susur Sungai Sempor yang berada di sisi timur desa. Sungai sempor juga memiliki air terjun indah yang terletak di sisi utara sungai sehingga jadi bonus bagi anda yang melakukan susur sungai. Untuk menuju ke kawasan air terjun pengunjung harus ditemani pemandu karena aksesnya yang cukup sulit dan jarak yang ditempuh cukup jauh kurang lebih 700 meter. Tapi jangan salah, di bagian kanan dan kiri sungai pemandangannya sangat indah berupa tebing batuan yang ditumbuhi tanaman hijau.

Edukasi Alam

Jika anda merencanakan liburan bersama keluarga besar, Desa Wisata Garongan sangat ramah keluarga sehingga bisa jadi pilihan anda. Apalagi jika anda berencana membawa anak-anak kecil. Tidak hanya mendapat kesenangan dari berwisata alam dan pedesaan, tapi di sini kita juga bisa berwisata edukasi. Tentu akan sangat bermanfaat bagi anak-anak. Mereka bisa diajak untuk melihat cara budidaya ikan mulai dari pembenihan hingga panen langsung di kolamnya.

Paket Kemping dan Makrab

Salah satu keunggulan yang ditawarkan Desa Wisata Garongan ada;ah area kemping.  Tersedia beragam paket pilihan wisata kemping untuk anak sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. Dengan mengambil paket kemping ini pengunjung akan mendapatkan fasilitas yang lengkap seperi pendopo utama, gazebo khusus, soundsystem, instruktur, dan asuransi selama kegiatan berlangsung. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dipatok mulai dari Rp 40.000,- untuk satu paketnya dengan minimal rombongan berjumlah 50 orang.  Selain sebagai lokasi kemping anak sekolah, lokasi ini juga jadi langganan mahasiswa untuk mengadakan malam keakraban.