Foto : raskita.com

Desa Wisata kini tengah menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di Yogyakarta. Kita bisa menemukan banyak desa wisata tentunya dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing. Desa wisata tidak hanya menawarkan wisata yang memanjakan mata namun juga memberikan insight baru kepada pengunjung melalui aktivitas atau produk yang mereka suguhkan. Jika anda merencanakan untuk berlibur ke Yogyakarta tak ada salahnya untuk berkunjung ke beberapa desa wisata. Salah satu yang bisa jadi alternatif untuk masuk ke dalam list tujuan wisata anda adalah Desa Wisata Brajan. Desa kecil ini terletak di Sendang Arum, Minggir, Sleman, Yogyakarta. Walaupun desa ini kecil namun jangan salah, pesona yang ditawarkan Desa Brajan  sudah menembus ke pasar internasional melalui produk kerajinan bambu unggulan mereka. Bambu-bambu itu pula yang membuat desa ini resmi menyandang sebagai Desa Wisata Brajan.

Pusat Kerajinan Bambu Kualitas Dunia

Ada beragam hasil kerajinan bambu yang bisa kita temukan di desa ini. Mulai dari perabotan rumah tangga berukuran besar hingga pernak pernik kecil yang lucu tersedia. Pada awalnya sebagian besar pengrajin di Desa Wisata Brajan hanya memproduksi kerajinan berupa besek, wakul, dan pincuk. Pasarnya pun hanya mampu merambah ke pasar lokal. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat menyadari bahwa mereka memiliki potensi kerajinan bambu yang luar biasa tetapi belum dimaksimalkan. Hingga pengrajin melakukan inovasi pada hasil kerajinan untuk memenuhi kebutuhan yang kian dinamis.

Saat ini pengrajin bambu di desa ini sudah memiliki lebih dari 20 jenis kerajinan dan pasar mereka sudah menembus ke luar negeri. Saat ini Desa Brajan memiliki kurang lebih 100 pengrajin bambu yang terus produktif. Di sini pengunjung bisa memesan aneka kerajinan secara custom. Selain membeli hasil kerajinan, Desa Wisata Brajan juga menawarkan kepada pengunjung untuk belajar membuat kerajinan bambu langsung di lokasi bersama para pengrajin. Kegiatan ini kini jadi salah satu aktivitas unggulan yang ditawarkan desa wisata ini. Kunjungan tak hanya berasal dari dalam wilayah Yogyakarta namun juga dari luar Yogyakarta. Menunjukkan popularitas desa wisata ini tak lagi main-main.

Kesenian Tradisional yang Masih Terjaga

Tak hanya kerajinan bambu Desa Wisata Brajan juga memiliki daya tarik lain yaitu kesenian tradisional. Kita bisa melihat pentas karawitan, cokekan, kesenian kuntulan, kesenian campursari, hingga sholawatan. Pemandangan desa yang masih alami sangat cocok untuk bersepeda berkeliling desa menikmati syahdunya suasana sore ala desa. Kita akan melihat pemandangan hamparan sawah yang luas dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Fasilitas di Desa Wisata Brajan sudah lengkap, terdapat kamar mandi, mushola, sepeda untuk berkeliling, pemandu, hingga internet gratis bisa kita dapatkan di sini. Tiket masuk desa wisata ini cukup murah hanya Rp 5000, – Harga yang murah untuk pengalaman luar biasa yang tak ternilai harganya.