Foto : nativeindonesia.com

Kepuasan melihat pantai yang cantik kadang tidak didapat di semua pantai. Walau foto-foto yang beredar begitu bagus ternyata tidak sesuai kenyataan. Mencari pantai yang masih alami, dengan pasir putih, air laut yang biru dan pemandangan yang indah,menjadi hal yang susah. Tapi tidak dengan pantai yang satu ini, Pantai Watu Kodok menyuguhkan segala panorama khas pantai pasir putih.

Pantai Watu Kodok memang tidak seterkenal pantai lain, namun pemandangan yang disajikan sungguh membuat kagum. Pantai Watu Kodok terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Drini dan terletak di sisi timur Pantai Sepanjang. Akses menuju Pantai Watu Kodok terbilang mudah, sebab jalannya sudah bagus dan mulus. Pantai Watu Kodok dapat ditempuh 2 jam dari pusat kota Jogja, dengan jarak 70 km.

Sesuai namanya, ‘Watu Kodok’ berarti ‘Batu Kodok’ dalam bahasa Jawa. Penamaan pantai ini diambil dari tebing batu karang yang terletak di sisi barat dan timur pantai ini. Kedua tebing tersebut berbentuk kodok, sehingga masyarakat setempat menyebut pantai ini sebagai Pantai Watu Kodok. Tebing batu karang tersebut menjulang tinggi dan menjorok ke laut.

Pantai Watu Kodok memiliki garis pantai yang cukup luas dan panjang, mencapai 600 m. Panorama khas pantai, dengan pasir putih, birunya laut, dapat dilihat di Pantai Watu Kodok ini. Karena belum banyak yang berkunjung, pantai ini masih bersih dan alami. Pasir putihnya juga cukup lembut dan tidak banyak batu karang di sekelilingnya.

Pengunjung diperbolehkan untuk berenang, bermain air hingga bermain voli di pinggir pantai ini. Ombaknya juga tidak begitu keras, cocok bagi pengunjung yang ingin bermain air atau bersantai-santai di tepi pantai. Di Pantai Watu Kodok juga banyak pohon cemara udang dan tumbuhan pandan laut yang rimbun dan sering digunakan untuk berteduh dari teriknya matahari.

Selain berenang, pengunjung bisa berfoto-foto di sekitar pantai ini. Sebab, ada banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan. Pemandangan indah pantai ini juga sayang untuk dilewatkan. Bahkan ketika sunrise dan sunset di pantai ini, matahari terbit dan terbenam dengan cantiknya. Banyak fotografer yang memburu foto sunset di Pantai Watu Kodok ini, karena terkenal dengan panoramanya yang eksotis.

Jika lelah, pengunjung bisa menyewa tikar atau gazebo dari pengelola untuk bersantai-santai. Pantai Watu Kodok juga menjadi lokasi favorit untuk camping. Area camping ground-nya juga terbilang cukup luas. Pengelola Pantai Watu Kodok menjaga keamanan area berkemah dengan ketat, sehingga aman saat berkemah di pantai ini. Pantas saja, menjelang akhir pekan atau weekend, banyak muda-mudi yang mendirikan tenda di tepi Pantai Watu Kodok.

Tidak hanya berkemah, Pantai Watu Kodok juga menjadi spot memancing yang asyik. Banyak pemancing yang datang ke Pantai Watu Kodok untuk mencari ikan yang besar. Dipandu oleh penduduk lokal, ada banyak spot yang bisa dicoba untuk memancing ikan-ikan yang beragam. Tapi sebaiknya, membawa alat pancing sendiri, sebab di sini belum ada penyewaan alat pancing. Begitu juga peralatan kemah, sebaiknya mempersiapkan sendiri.

Untuk tiket masuk Pantai Watu Kodok dihargai Rp10.000 per orang. Harga ini masih terjangkau. Sedangkan untuk parkir motor dihargai Rp3.000 dan parkir mobil dihargai Rp5.000. Fasilitas yang disediakan di Pantai Watu Kodok sudah terbilang lengkap. Ada toilet, kamar mandi, warung-warung makan, musholla dan parkiran yang luas. Jadi, kapan bisa main ke Pantai Watu Kodok?