Ada trobosan menarik yg dilakukan Dinas Pariwisata DIY dan DPD GIPI DIY dalam rangka mengisi kegiatan istimewa, penanggulangan dampak covid 19, yaitu lelang kuliner Ramadhan dan lebaran via online. Kegiatan lelang menu istimewa ini akan diikuti hotel, restaurant dan katering di Yogyakarta. Disinyalir, kegiatan Ini pertama kali di Indonesia.

Menurut pakar pariwisata Dr. Ike Janita Dewi semua bisnis yang terkait dengan kepariwisataan harus tetap semangat dan bangkit. Lelang kuliner ini trobosan dan pasti memiliki manfaat, disamping untuk menghidupkan bisnis juga untuk kampanye makanan halal, sehat dan higienis. “Pastilah diharapkan saat ramadhan dan lebaran semua masyarakat dapat merayakan dengan istimewa, walau harus dari rumah” kata Dosen Universitas Sanata Dharma Ini.

Lelang kuliner ini resmi menggunakan akun zoom dan sosmed lain Dinas Pariwisata DIY dan melalui www.visitingjogja.com. Lelang makanan dilaksanakan setiap hari pukul 13.00 – 15.00 dimulai hari senin 11 Mei 2020.

Sementara itu, kepala Dinas pariwisata DIY Singgih Raharjo kegiatan kreatif dalam rangka menghadapi ujian ekonomi dan pariwisata karena pandemi covid-19 harus dilakukan secara kreatif dan bergotong royong. “Kolaborasi dalam kebaikan, pasti akan membuat kita kuat khususnya untuk bangkit dari problema ekonomi karena corona” kata dia.

Pada bagian lain Ketua DPD GIPI DIY Bobby Ardiyanto Setyo Aji mengaku ikut bersyukur, rasa kebersamaan asosiasi pariwisata di DIY justru lebih nampak kuat Dan bergotong royong bersama keluar dari keterpurukan akibat pandemi korona. Kita harus terus menyiapkan Jogja sebagai destinasi baru Pasca corona dengan cara berbeda. “Kita sangat yakin, Jogja tetap menjadi destinasi Wisata utama di Indonesia dan insyaallah Asia”