PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko melakukan simulasi penerapan standar new normal pariwisata tahap 3 yang dilaksanakan hari ini Kamis (18/6/2020) pagi di Candi Prambanan. Simulasi ini sebagai persiapan pra-operasional new normal di kawasan TWC nantinya, yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Sleman, Dinas Pariwisata Klaten, Media, TWC dan beberapa stakeholder terkait.

Persiapan yang dilakukan meliputi sisi pelayanan, fasilitas, serta sistem protokol COVID-19 yang mengacu tiga prinsip utama: kesehatan, kebersihan, dan keamanan. Revitalisasi kawasan dan evaluasi. Program dilakukan secara bertahap untuk mempersiapkan destinasi yang berkualitas dengan standar protokol kesehatan dengan mengacu ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. Hal ini juga sesuai dengan arahan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang menerapkan program CHS (Cleanliness, Health, and Safety) di setiap destinasi pariwisata.

Penerapan standar “New Normal” Pariwisata yang dilakukan di destinasi TWC untuk seluruh wisatawan yang masuk harus mengikuti protokol kesehatan antara lain : menggunakan masker, melakukan cuci tangan, melewati Chamber disinfektan, pengecekan suhu tubuh, melakukan visitor management dengan menerapkan physical distancing, meminimalis pembayaran dengan cash (cashless), menyediakan tempat cuci tangan di beberapa tempat-tempat strategis, pemasangan papan informasi mengenai protokol pencegahan COVID-19 serta mempersiapkan klinik kesehatan untuk wisatawan yang sakit.

Selain itu TWC juga melakukan upaya menjaga kenyamanan dan kebersihan lingkungan di lokasi pedagang, dengan menerapkan protokol kesehatan serta mengadakan sosialisasi kepada para koordiantor pedagang untuk menjalankan protokol COVID-19 di area sekitar perkiosan pedagang yang ada di kawasan destinasi.