Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta beserta tim pendamping dari Dinas Kesehatan DIY , Dinas Koperasi dan UMKM DIY , BPBD DIY (Gugus Tugas Covid) , dan Satpol PP DIY, melakukan pendampingan pelaksanaan SOP New Normal di 10 Destinasi Wisata DIY, yang dilaksanakan tanggal 17-19 Juni 2020. Selanjutnya pendampingan verifikasi dilaksanakan pada tanggal 24-26 Juni 2020 untuk Simulasi Pendampingan SOP New Normal.

Simulasi yang telah dilakukan untuk mengetahui kesiapan dari 10 destinasi wiasta dalam menghadapai new normal. Beberapa poin utama yang disimulasikan antara lain: kesiapan sarana dan prasarana serta kesiapan para pengelola terutama SDM pariwisata di 10 destinasi dalam mengimplementasikan SOP New Normal.

Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Pendampingan SOP New Normal yang terbagi dalam 2 Tim (Tim A dan Tim B). Berikut pelaksanaan pendampingan verifikasi SOP New Normal :

PelaksanaanLokasi DestinasiKeterangan
24 Juni 2020Pantai Kukup dan Pantai Baron, Kab. GunungkidulTim A
Tebing Breksi, Kab. SlemanĀ  Bukit Nglanggeran, Kab. GunungkidulTim B
25 Juni 2020Puncak Becici dan Pinus Pengger, Kab. BantulTim A
Pantai Parangtritis, Kab. BantulTim B
26 Juni 2020Kalisuci, Kab. GunungkidulTim A
Pinussari dan Seribu Batu, Kab. BantulTim B

Hasil dari pelaksanaan pendampingan verifikasi SOP New Normal di destinasi wisata DIY nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan gugus tugas dalam menentukan kapan diberlakukannya uji coba terbatas didestinasi tersebut.