Photo by @mas.vicky_

Gunungkidul selalu menghadirkan pantai baru untuk dapat dinikmati. Termasuk Pantai Ngedan ini. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang mulai berbenah untuk dapat menarik wisatawan. Pantai ini merupakan salah satu pantai berpasir putih dan memiliki pemandangan yang eksotis.

Pantai ini terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55871. Pantai Ngedan ini berada diantara Pantai Ngobaran di sebelah timur dan Pantai Butuh di sebelah barat.

Photo by @backpackerkita

Menuju ke objek wisata ini hanya bisa di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi saja. Mengingat belum adanya transportasi umum yang ramah di tempat ini. Dari tempat parkir pengunjung harus berjalan kaki ke bawah. Melewati jalan setapak menyusuri bukit.

Tiket masuk kawasan Pantai Ngedan cukup murah. Hanya dengan Rp 5000,- sudah bisa menikmati indahnya pantai yang diapit oleh perbukitan ini. Selain itu juga ada fasilitas parkir yang terjangkau untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4. Terdapat juga fasilitas lain seperti warung makan dengan toilet umum, mushola serta gasebo-gasebo untuk beristirahat.

Pantai ini tidak terlalu luas namun landai dan nyaman. Di sekeliling terdapat rimbunan pohon dan bukit karang. Walaupun bertempat di sebuah teluk tidak menghalangi angin laut berhembus di sini. Dengan pasir pantainya yang putih serta ombak laut yang cukup besar dihiasi batu karang menjadikan pantai ini indah untuk dinikmati. Pengunjung bisa menikmati ombak di pantai sekaligus menikmati indahnya batuan karangnya.

Photo by @dkrkretek

Banyaknya batu karang menjadikan Pantai Ngedan mempunyai banyak ikan yang tersembunyi di balik bebatuan karang. Bagi Pengunjung yang mempunyai hobi memancing diperbolehkan untuk memancing juga di sana. Selain memancing pengunjung juga bisa berkemah di pantai ini. Untuk yang suka dengan pemandangan sunset bisa naik ke atas bukit yang mengapit Pantai Ngedan. Pengunjung bisa naik menyusuri bukit sampai ke puncak menikmati pemandangan pantai dan laut yang indah serta mwnikmati sunset yang menawan.