Pinus Sari yang berada di kawasan Mangunan, Dlingo ini merupakan salah satu wisata andalan di wilayah tersebut. Suasana yang sejuk nyaman langsung menyambut para wisatawan yang datang berkunjung. Aroma khas pohon pinus yang menyegarkan serta semilir angin yang segar membuat tempat ini cocok untuk melepas penat setelah melalui hari-hari yang sibuk.

Sebelum menjadi destinasi wisata, kawasan hutan pinus Mangunan merupakan kawasan tandus yang kemudia direboisasi. Kawasan hutan seluas 570 Ha tersebut tak hanya ditanami oleh pohon pinus saja, ada jenis pohon lain seperti akasia, kemiri, mahoni, dan kayu putih.

Selain menyediakan beberapa spot selfie, panggung kesenian yang ikonik, dan tempat untuk bersantai, pengelola juga menyediakan fasilitas umum yang cukup memadai, diantaranya mushola, toilet, aula pertemuan, gazebo, dan beberapa tempat makan.

Untuk menuju Hutan Pinus Mangunan yang berlokasi sekitar 12 km dari pusat Kota Yogyakarta ini cukup mudah. Dari Giwangan ambil arah menuju Imogiri timur. Ikuti jalan sampai bertemu petunjuk arah menuju Jalan Imogiri – Dlingo. Ikuti jalan sampai menemukan petunjuk jalan menuju kawasan Pinus Sari Mangunan.