Foto : nginapdijogja.com

Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit, wisatawan lokal maupun mancanegara silih berganti berdatangan ke kota istimewa ini. Jogja kaya akan destinasi wisata alam hingga kaya akan budaya. Berbagai suguhan menarik membuat wisatawan tak bosan. Jogja menyuguhkan banyak sekali opsi wisata. Bahkan Kla Project dengan bangganya mempersembahkan lagu berjudul nama kota ini. Membuat setiap wisatawan yang mendengar selalu ingin kembali.

Jogja dengan sederet daya tariknya, mulai dari wisata alam, makanan, budaya bikin kamu jatuh cinta. Pengen berlibur ke Jogja namun dengan budget yang pas-pasan? Jangan khawatir, kali ini Visiting Jogja akan membagikan tips liburan murah di jogja.😊

1. Pilih Penginapan Murah

Sosrowijayan merupakan nama daerah di dekat Malioboro, jika kamu ingin mencari penginapan murah dan dekat malioboro, area sosrowijayan tempat yang tepat. Kamu cukup berjalan kaki dari malioboro untuk mencari penginapan yang cocok untuk kamu. Kalau Prawirotaman sendiri jaraknya lumayan jauh yaitu 4,5 kilometer dari malioboro. Namun prawirotaman juga menyuguhkan keistimewaannya sendiri. Prawirotaman terkenal akan wisata malamnya, jadi jika kamu ke sana lebih dari jam 10 malam. kamu akan menemukan tempat nongkrong yang ramai akan wisatawan lokal maupun mancanegara. Penginapan disana juga relatif murah.

2. Makan Seperti Orang Lokal

Kuliner memang menjadi salah satu pilihan wisata ketika kita berlibur di Jogja. Namun tempat wisata kuliner yang sudah terkenal tak jarang mematok harga tinggi. Jadi, jika kita ingin menghemat, kita harus bisa mengatur waktu wisata kuliner tersebut. Misalnya, satu hari hanya sekali saja berwisata kuliner, selebihnya makanlah seperti orang-orang lokal makan. Bakso, soto, mie ayam atau makanan-makanan lokal lainnya tentu cocok di lidah dan harganya pun tak membuat kantong resah.

3. Sewa Mobil Bila Rombongan

Di Jogja banyak tempat wisata yang letaknya di pinggiran dan susah dijangkau karena keterbatasan angkutan umum. Namun hal itu bisa diakali dengan cara menyewa mobil, apalagi bila kita pergi berombongan. Banyak jasa penyewaan mobil yang sekaligus menyediakan paket city tour yang bisa kita pilih dengan harga mulai dari Rp 375.000/12 jam. Atau jika ada salah satu teman yang bisa mengendarai mobil dan memiliki SIM A, kita bisa menyewa mobil lepas kunci seharga kurang lebih Rp 200.000/12 jam. Hal ini tentu jauh lebih hemat dan efisien. Dengan menyewa mobil yang dihitung harian, kita bisa menjelajah pelosok Jogja dengan leluasa.

4. Jika Berdua, Lebih Baik Sewa Motor

Menyewa motor sebagai sarana transportasi untuk wisatawan yang ingin berkeliling jogja berdua memang disarankan. Sama halnya dengan mobil, menyewa motor akan menghemat biaya transportasi dan waktu tempuh kita. Cukup dengan Rp 50.000/motor, kita bisa pergi ke mana saja dan berhenti kapan saja seperti yang kita mau.

5. Manfaatkan Trans Jogja

Fasilitas transportasi umum yang bisa diandalkan ketika berwisata ke Jogja adalah Trans Jogja. Bus-bus Trans Jogja ini dapat mengantarkan kita berwisata ke beberapa landmark Jogja hanya dengan membayar seharga Rp. 3.600 untuk satu kali jalan. Minimal 10 tempat wajib kunjung seperti Candi Prambanan, Malioboro, Tugu Jogja hingga Kebun Binatang Gembira Loka dapat kita datangi.

6. Kunjungi Tempat-tempat Wisata Populer Dengan Harga Murah

Ketika berkunjung ke Jogja, kita bisa menemukan begitu banyak tempat wisata populer dengan harga tiket yang masih murah, bahkan gratis. Misalnya saja Malioboro, Nol Kilometer, Benteng Vredeburg, Tugu Jogja, Keraton, Museum Sonobudoyo dan Tamansari. Tempat-tempat wisata tersebut bisa kita kunjungi dengan membeli tiket masuk yang harganya tak sampai sepuluh ribu rupiah, bahkan ada yang bisa dinikmati secara cuma-cuma.

7. Jangan Segan Menawar Ketika Belanja Di Malioboro

Oleh-oleh menjadi hal wajib ketika kita berwisata ke suatu tempat. Tapi tak jarang, oleh-oleh ini menjadi beban bagi kita. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menawar. Jangan pernah segan menawar barang yang hendak kita beli karena harga yang kita peroleh bergantung pada seberapa lihai kita menawar.

8. Manfaatkan Kerabat/Sahabat Yang Tinggal Di Jogja

Jika kamu punya teman dekat atau kenalan yang tinggal di Jogja jangan segan-segan memberitahu kalau kamu akan berkunjung ke sana. Mungkin saja kamu diajak menginap dirumahnya, lumayan hemat uang penginapan. Atau setidaknya dia bisa memberitahu tempat wisata dan tempat makan yang murah. Segala macam bantuan dari ‘orang dalam’ akan senantiasa mempermudah liburan kamu.

9. Cari Tempat Wisata Yang Masih Jarang Di Kunjungi

Mungkin tips ini agak susah untuk diikuti, namun cukup manjur untuk kalian yang suka mencari pengalaman baru. Karena biasanya wisata alam yang baru buka harga tiket masuknya relatif murah. Tempat-tempat baru ini biasanya cuma diketahui oleh orang-orang tertentu saja. Mungkin kamu bisa cari rekomendasi di internet.

10. Jangan Lupa Instal Aplikasi Visiting Jogja

Ketentuan dalam masa “New Normal” Untuk wisatawan yang mau berkunjung ke destinasi wisata di Jogja silakan download aplikasi Visiting Jogja untuk melakukan pemesanan dan pendataan kunjungan. Download dan instal aplikasi visiting jogja melalui playstore atau di link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.visitingjogja

Semoga tips berwisata diatas bisa bermanfaat bagi kamu untuk berkunjung ke jogja dengan nyaman dan aman yaa…😉🙏