Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (19/09/2020) menyelenggarakan simulasi protokol kesehatan dalam penyelenggaraan event. Konser musik outdoor “New Pranatan “ dengan tema Pranatan Anyar Plesiran Jogja, diselenggarakan oleh para pekerja event di Yogyakarta di Panggung Terbuka Puncak Becici Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Dalam rangka penerapan protokol kesehatan penyelengaraan event sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 77 Tahun 2020, Dinas Pariwisata melalui Bidang Destinasi Wisata menyelenggarakan simulasi untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan dilapangan. Diharapkan penyelenggaraan event dapat kembali berjalan dan pekerja seni dapat produktif lagi namun tetap aman Covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru.

Simulasi ini penting untuk dilakukan agar semua pihak, baik pelaku maupun masyarakat paham akan prosedur-prosedur yang harus dijalankan.

Simulasi ini dimulai sejak pra-event dengan persiapan kegiatan dari masing-masing event supplier, proses loading, hingga set up area pertunjukan. Sedangkan untuk undangan dimulai dari saat kedatangan.

Undangan, pekerja event, dan musisi serta semua pihak yang terlibat yang memasuki area simulasi diwajibkan melakukan registrasi melalui digital platform apps Visiting Jogja. Semua informasi disajikan dalam digital platform tersebut, mulai pemesan tiket hingga tata tertib.

Saat memasuki area kegiatan, wajib menunjukkan QR code untuk dilakukan digital scan. Kemudian dicek suhu badannya oleh tim. Setelah lolos melewati gate pemeriksaan, undangan dapat menempati tempat duduk yang sudah diatur dengan memperhatikan jarak aman.

Simulasi tersebut merujuk pada panduan Pranatan Anyar Plesiran Jogja dan digitalisasi pariwisata melalui digital platform apps Visiting Jogja.