Monitoring dan Evaluasi (Monev) Desa Mandiri Budaya di Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo Kab. Gunung Kidul

5 Maret 2021,Kepala Dinas Pariwisata DIY, bersama Dinas Pariwisata Kab.Gunung Kidul, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemda DIY, melakukan kunjungan dalam rangka monev Desa Bejiharjo sebagai Desa Mandiri Budaya. Desa Bejiharjo pada tahun 2021 ini memperoleh dana BKK senilai Rp 1 Milyar yang berasal dari Dana Keistimewaan.

Desa Bejiharjo pernah meraih predikat sebagai desa wisata terbaik oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2012. Dengan potensi wisata alam dan wisata budaya memiliki daya tarik tersendiri yang perlu dikembangkan dan dikemas untuk kemajuan masyarakat.

Desa Mandiri Budaya adalah wujud intergritas dan sinergitas lintas OPD di Provinsi DIY yang terjalin dalam penyediaan sarana prasarana, penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas SDM, sebagai upaya peningkatan ekonomi, mengurangi pengangguran serta menekan ketimpangan dan kemiskinan menuju masyarakat yang sejahtera.

Desa Mandiri Budaya adalah pilot project Pemprov DIY dalam pembangunan desa secara lintas OPD diantaranya, Desa Budaya (Dinas Kebudayaan), Desa Wisata (Dinas Pariwisata), Desa Prima (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk), Desa Preneur (Dinas Koperasi & UMKM).

4 kategori desa tersebut sudah ada di Desa Bejiharjo, sehingga bantuan BKK diharapkan dapat berfungsi sebagai stimulan untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

Monev hari ini dilaksanakan dengan meninjau calon pusat Desa Mandiri Budaya di Desa Bejiharjo, yakni Sendang Beji yang merupakan cikal-bakal sejarah Desa Bejiharjo. Rencananya di lokasi ini akan dibangun pusat budaya, wisata, UMKM dan pemberdayaan masyarakat.