Foto : @yosefwiko .

Selain sudut-sudut kotanya, Jogja yang menyimpan kenangan baik atau buruk untuk para pengunjung maupun warganya, masih ada nama unik untuk kawasan di sisi selatan Pulau Jawa ini. Salah satunya adalah singkatan nama jalan yang digunakan oleh warga setempat. Salah satu nama jalan yang pasti dikenal sebagian besar indonesia adalah jalan Malioboro.

Sebagai sebuah provinsi, tentunya ada banyak ruas jalan yang dimiliki daerah ini. Baik berupa jalan provinsi, jalan kabupaten, desa hingga ke lingkungan. Dari banyaknya jalan tersebut, ada beberapa ruas yang memiliki nama unik. Beberapa berasal dari nama asli yang disingkat hingga melahirkan sebutan baru.

Beberapa singkatan nama jalan yang terkenal di jogja antaranya :

1. Jamal

Jaman merupakan sebuah akronim untuk jalan magelang, jalanan ini berada di sisi barat jogja. Menghubungkan Kabupaten Sleman, dengan kabupaten Magelang di Jawa Tengah.

2. Jakal

Nama jakal merujuk pada ruas jalan kaliurang yang mengantarkan pengguna jalan menuju ke lereng Gunung merapi. Jakal merupakan akronim dari kata jalan Kaliurang

3. Altar dan Alkid

Dua tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit pelancong domestik maupun luar negeri. Altar merupakan akronim untuk nama alun-alun utara, sedangkan Alkid merupakan akronim untuk Alun-alun Kidul.

4. Jokteng

Keraton Yogyakarta menjadi salah satu identitas yang sangat melekat untuk warga jogja. selain sistem pemerintahannya yang masih dipegang oleh seorang Sultan, Bangunan keraton juga mudah ditemui di berbagai wilayah.

5. Sarkem

Nama jalan ini salah satu yang palinbg dikenal di jogja. Sarkem merupakan akronim untuk Pasar Kembang. Terletak dekat dengan Stasiun Tugu.

6. Tamsis

Salah satu jalanan yang dikenal lekat dengan bapak pendidikan Indonesia, Yaitu Tamsis atau Taman Siswa. Diruas jalan tersebut terdapat padepokan tempat Ki Hadjar Dewantara mendirikan sekolah bernama Taman Siswa.

7. Jawon

Jalan yang satu ini pasti pernah dilewati jika berkunjung ke Gunungkidul. Jawon atau Jalan Wonosari menghubungkan Bantul dengan Kabupaten Gunungkidul. dikenal dengan kekayaan alamnya

8. Jaim

Untuk wisatawan yang pernah berkunjung ke kawasan Hutan Pinus mangunan pasti pernah melewati jalanan ini. Yakni Jaim atau Jalan Imogiri, terletak di Kabupaten Bantul. Jalanan ini terkenal juga dengan kekayaan alam, pepohonan dan rumput yang hijau.