Menjelajahi beberapa pantai di Gunung kidul, sepertinya kamu bisa memasukkan pantai pulau kalong ini di bucket list wisata yang kamu buat. Pantai Pulau Kalong ini berada di wilayah administratif Dusun Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Seperti halnya Pantai Timang, kamu akan disuguhi dengan pemandangan laut lepas dan deburan ombak yang akan menantang adrenalin. Untuk menuju ke Pantai Pulau Kalong terdapat kereta gantung dan jembatan gantung yang bisa dinaiki. Di pantai ini terdapat tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut lepas, jadi jangan bayangkan kamu akan menemukan pantai dengan pasir putih dibibir pantainya.

Secara sepintas Pantai Pulau Kalong ini mirip dengan pantai yang ada dikawasan Nusa Penida, dengan sajian pulau hijau dan deburan ombak yang eksotis. Pulau hijau tersebut berasal dari semak belukar yang menyelimuti bagian permukaan Pantai Pulau Kalong. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh ke Bali kan untuk merasakan vibes seperti di Nusa Penida. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata alam dengan suasana nyaman dengan suara deburan ombak yang menghantam karang-karang di bawahnya. Hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mencoba atraksi menyebrangi jembatan sejauh 30 m atau naik kereta gantung . Jembatan ini dibuat swadaya oleh warga sekitar menggunakan tali tampar dan beberapa kayu untuk pijakan kakinya. Cukup membayar Rp25.000 kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang memacu adrenalin sambil menambah stok foto yang keren.

Pantai cantik ini diberi nama Pantai Pulau Kalong tentu bukan tanpa alasan. Diberi nama demikian karena didaerah ini terdapat banyak kalong atau kelelawar. Selain Pulau Kalong, warga juga menyebutnya Pulau Gelatik. Tentu saja karena di daerah tersebut banyak dijumpai burung gelatik.  Pada mulanya jembatan yang ada di Pantai Pulau Kalong digunakan warga setempat untuk memancing ikan atau lobster untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tetapi seiring berkembangnya wisata pantai di sekitar Pantai Pulau Kalong ini, saat ini Pantai Pulau Kalong juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata pantai. Lokasi pantai yang sejalan dengan Pantai Sinden dan Pantai Jungwok juga menjadi salah satu pendorong berkembangnya Pantai Pulau Kalong ini. Kamu cukup membayar retribusi di awal sebesar Rp6.000 rupiah dan kamu bisa masuk ke 3 pantai sekaligus, yaitu Pantai Sinden yang ada di seberang Pantai Pulau Kalong, Pantai Jungwok dan Pantai Pulau Kalong sendiri.

Jika kamu berangkat dari Kota Yogyakarta, Pantai Pulau Kalong ini bisa kamu tempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam. Sedikit tips bagi kamu yang ingin berwisata ke tempat ini, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, karena akses menuju tempat ini belum terlalu bagus dan masih berupa jalan bebatuan kapur bercampur tanah. Selain itu jangan lupa membawa bekal sendiri dari rumah, karena di lokasi Pantai Pulau Kalong belum terdapat fasilitas tempat makan atau restoran. Jadi agar kamu tida kelaparan dan kehausan ditengah perjalanan liburan, sebaiknya kamu membawa makanan dan minuman sendiri. Tetapi perlu digarisbawahi kamu harus tetap bertanggungjawab dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Satu lagi atraksi yang tak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Pantai Pulau Kalong yaitu sunrise dan sunsetnya yang eksotis. Buat kamu pencinta senja dan fotografi pastinya bisa menambah stok foto dan kenangan melihat matahari terbit atau tenggelam dari sebuah pulau yang langsung menghampar laut lepas. Bagi pencinta rock fishing, Pantai Pulau Kalong merupakan salah satu surga yang harus dicoba. Cukup membayar Rp100.000 per orang, kamu bisa merasakan asiknya memancing dengan target utama lobster dan beberapa ikan laut. Kamu juga bisa mengadakan camping bersama teman maupun keluarga di Pantai Pulau Kalong ini. Cukup menyiapkan retribusi sebesar Rp50.000 kamu bisa camping asik dan serasa di pulau pribadi. Kamu perlu memperhatikan perkiraan cuaca agar menemukan momen yang tepat untuk camping dan menikmati malam yang eksotis di Pantai Pulau Kalong.