Foto : @karsttubing_kp

Salah satu tempat wisata populer di Kulon Progo adalah Pemandian Clereng. Berlokasi tak jauh dari pusat Kota Wates tepatnya di Desa Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Kurang lebih berjarak 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Tempat wisata ini termasuk salah satu yang ada sejak lama sehingga pengunjung bisa dengan mudah menemukan papan petunjuk menuju lokasi. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menawarkan wisata pemandian air yang berasal dari sumber air bawah tanah. Aliran air dari mata air ini sebagian dialirkan ke kolam pemandian dan sebagian lagi dialirkan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat.

Pemandian Clereng terdiri atas satu kolam alami yang biasa disebut sendang. Air sendang berasal dari mata air dan yang unik adalah alas sendang berupa batuan cadas dan lumut yang sangat alami. Ada juga dua kolam buatan dengan kedalaman 2 meter dan setengah meter. Selain dikenal sebagai salah satu pemandian tertua di Kulon Progo, Pemandian Clereng juga dikenal memiliki riwayat historis yakni pernah menjadi tempat singgah Sunan Kalijaga ketika zaman penyebaran agama Islam. Hal ini kemudian dipercaya membawa nilai magis bagi mata air Pemandian Clereng ini. Tak jauh dari lokasi pemandian, terdapat Makam Kyai Pakujati dan Petilasan Sunan Kalijaga. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, pemandian Clereng ini dapat dipercaya membuat awet muda dan menjadi sarana tolak balak, yaitu mendatangkan keselamatan bagi siapa saja yang mencuci muka dan mandi di Pemandian Clereng. Pemandian Clereng biasanya akan sangat ramai pengunjung di hari-hari menjelang Bulan Ramadhan karena masyarakat akan berbondong-bondong datang untuk melakukan ritual padusan yaitu membersihkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Terlepas dari kepercayaan tersebut, Pemandian Clereng memang menyuguhkan lokasi pemandian yang menyegarkan dan sangat cocok menjadi tempat melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan di kota. Pemandangan sekitar pemandian yang berupa tebing-tebing juga menambah elok lokasi wisata ini. Jika kamu berkunjung ke Pemandian Clereng pada hari pasaran Pahing dan Wage, maka kamu akan menemui pasar tradisional yang ramai dan menjual makanan khas Clereng. Salah satu makanan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sini adalah geblek Clereng yang terkenal gurih dan kenyal.

Sebagai salah satu wisata yang sudah legendaris di Kulonn Progo tak heran jika fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, kamar ganti, gazebo untuk bersantai, warung makan, tempat parkir, mushola, dan penyewaan alat berenang. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pemandian Clereng adalah di pagi dan sore hari karena suasananya akan teduh dan tetap segar. Untuk bisa mandi di Pemandian Clereng kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5000 saja, untuk biaya parkir dipatok Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.