Foto : @jiwalaut

Kebun Buah Langka Sedayu, Berwisata sekaligus Menikmati Buah Unik – Apabila mencari tempat tujuan wisata yang lengkap, maka Yogyakarta menjadi pilihan yang tepat. Provinsi tersebut menawarkan banyak rekomendasi tempat wisata dengan berbagai konsep yang berbeda. Pengunjung yang menyukai wisata budaya dan sejarah bisa datang ke keraton, taman hiburan, alun-alun kota atau museum-museum terkenal di sana.

Wisatawan yang suka berwisata kuliner akan sangat dimanjakan di Yogyakarta sebab banyak sekali makanan lezat yang bisa dicoba. Menariknya lagi, kuliner di Jogja terkenal akan cita rasa yang nikmat namun harganya murah meriah. Sehingga tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, pengunjung sudah bisa menikmati kelezatan kuliner khas kota pelajar tersebut. Tidak ketinggalan sejumlah tempat yang menjadi pusat belanja menawarkan barang-barang khas sebagai oleh-oleh.

Tidak terkecuali bagi penyuka wisata alam, Yogyakarta juga menawarkan rekomendasi terbaiknya. Selain pantai, hutan dan dataran tinggi, Jogja juga punya kebun buah terkenal di kawasan Bantul yaitu Kebun Buah Langka Sedayu yang sangat cocok menjadi tujuan wisata keluarga. Namun sebelum berkunjung ke sana, simak dulu beberapa informasi penting berikut ini mengenai Kebun Buah Sedayu.

Terdapat Banyak Koleksi Buah Langka

Sebagai taman buah yang menjadi destinasi wisata hits di Bantul, Kebun Buah Sedayu tentu tidak hanya menawarkan pengalaman yang biasa. Pengunjung akan menemukan banyak koleksi buah langka di kebun buah unik ini. Karena itulah, kebun buah ini disebut kebun buah langka. Menariknya, buah-buah unik di tempat ini tidak akan mudah ditemui di kebun buah lain di Indonesia. Maka jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke kebun buah ini.

Salah satu jenis buah unik yang ada di kawasan wisata ini adalah jambu strawberry. Ukuran buahnya lebih kecil dibanding buah jambu pada umumnya. Rasa asam dan warna merah menyala dari buah inilah yang membuatnya disebut sebagai jambu strawberry. Sebagai buah langka, jambu strawberry hanya bisa ditemui di daerah asalnya, Amerika Selatan. Wajar jika banyak pengunjung Kebun Buah Langka Sedayu yang penasaran ingin mencicipinya.

Selanjutnya, ada buah mulberry yang tak kalah mencuri perhatian. Pohon buah ini sudah sangat sulit ditemukan di pulau Jawa. Selain ada mulberry jenis umum, ada juga jenis long mulberry. Seperti namanya, long mulberry memiliki ukuran yang lebih memanjang. Rasa buahnya yang manis saat matang sangat berbeda dengan jenis mulberry pada umumnya yang biasanya sangat asam. Menurut informasi, long mulberry berasal dari Taiwan.

Tidak Semua Buah Bisa Dicicipi

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak jenis buah langka lainnya. Termasuk Suriname cherry yang diketahui berasal dari Brazil. Bentuk buahnya seperti pumpkin tapi berukuran lebih kecil. Rasanya asam manis menghasilkan sensasi rasa seperti sedang makan rujak. Sedangkan ada jenis lain yaitu cherry peach yang rasa buahnya lebih manis. Beberapa jenis cherry lainnya juga ada dengan karakteristik yang berbeda.

Beberapa pengunjung yang beruntung bisa mencicipi buah-buah langka tersebut di Kebun Buah Langka Sedayu. Kesempatan itu bisa didapatkan ketika petugas sendiri yang memetikkan buah untuk pengunjung dan mengizinkan untuk mencicipinya. Terutama untuk buah yang perlu dikupas sebelum dimakan seperti Sawo Jumbo, Jeruk Jari Budha dan Jeruk Nipis Jumbo dari Jepang yang memang tidak selalu bisa dicicipi langsung.

Bisa Membeli Bibit Buah

Pengalaman berkunjung ke Kebun Buah Sedayu akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bersama keluarga atau teman. Pasalnya tidak hanya bisa mencicipi buah-buah tertentu, pengunjung juga dapat membeli bibit buah. Tentu saja bibit-bibit buah tersebut tidak akan didapatkan di tempat lain karena kebanyakan berasal dari luar negeri. Jadi pengunjung pun bisa bercocok tanam buah langka di rumahnya.

Harga bibit buah langka tergolong murah, mulai dari Rp60.000. Untuk jenis bibit buah paling langka harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Tidak hanya bisa mendapatkan bibit buah langka, pengunjung juga bisa belajar bagaimana cara bertanam yang benar dari petugas di kebun buah tersebut.

Kebun Buah Langka Sedayu merupakan solusi terbaik berwisata sekaligus mempelajari ilmu cocok tanam buah. Pengunjung juga akan mendapatkan banyak ilmu baru mengenai jenis-jenis buah langka baik dari petugas maupun dengan mencicipinya secara langsung.