Foto : fashiondaily.id

Apabila anda sedang mencari destinasi pantai khususnya bagi anda yang sedang atau ingin berkunjung ke Kulonprogo. Tempat yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk anda. Tempat ini adalah pantai mlarangan asri. Mungkin anda masih jarang mendengarnya atau bahkan belum tahu sama sekali tentang pantai mlarangan asri ini. Ya karena tempat ini masih terbilang baru. Pantai ini terletak di desa Pleret, Panjatan, Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya di barat pantai Bugel dan di sebelah timur pantai Glagah.

Tempat ini masih jarang diketahui orang-orang jadi tempatnya masih relatif sepi dan nyaman. Cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri, melepaskan penat, dan menikmati hembusan angin dan deburan ombak pantai. Selain itu, pantai ini masih bersih dari sampah-sampah plastik. Dan jika anda berminat kesana untuk tetap menjaga kebersihan di pantai ini dan bahkan dimanapun seharusnya. Dengan begitu semua orang bisa tetap menikmati keindahan pantai mlarangan asri ini.

Bagi anda yang ingin ke pantai mlarangan asri tidak dianjurkan untuk tidak berenang ya. Karena di pantai ini deburan ombaknya sangat tinggi. Meskipun begitu anda tetap bisa menikmatinya dari pinggir pesisir pantai. Pantai ini juga ditumbuhi pohon-pohon yang rindang sehingga menambah suasana sejuk. Tempat wisata ini juga cocok untuk anda yang ingin gowes ke pantai. Melepas lelah setelah aktivitas bersepeda akn menjadi obat yang paling mujarab. Apalagi ditambah dengan es kelapa muda yang segar.

Akses ke Pantai Mlarangan asri juga sudah cukup mudah. Jalan menuju kesana sudah beraspal. Jika dihitung dari kota yogyakarta menuju kesana membutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan mobil. Dan sekitar 55 menit jika menggunakan motor.

Fasilitas di pantai mlarangan asri juga sudah cukup memadai mulai dari parkiran, toilet, hingga pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Tempat ini juga ideal untuk anda yang berwisata dengan keluarga. Jika anda beruntung di pantai ini saat pagi hari dan cuaca yang cerah anda bisa melihat sunrise yang sangat menawan. Demikian juga dengan suasana sunset di sore hari membuat senja kian terlihat indah.

Suasana yang masih sedikit pengunjung juga memungkinkan anda untuk melakukan foto prewedding di pantai mlarangan asri. Bagi anda yang berniat untuk melakukan sesi foto prewedding maupun postwedding tempat ini bisa menjadi alternatif. Kondisi pantai yang bersih dari sampah plastik juga ramah untuk bermain anak-anak. Namun, masih ada sisa-sisa akar pohon yang terkena abrasi bibir pantai.

Tips Saat Wisata di Pantai Mlarangan Asri

Jika anda berniat hendak ke pantai mlarangan asri ini. Mungkin beberapa tips ini bisa anda coba.

  1. Berhati-hati dan Tetap Waspada

Bukan bermaksud menakut-nakutimu, namun kewaspadaan itu sangat penting bukan? Apalagi jika anda kesini dengan keluarga serta adik atau buah hati yang masih kecil. Hendaknya anda terus mengawasi dengan baik. Pasalnya ombak di pantai ini cukup besar dan kontur bibir pantai yang landai ke arah laut.

  1. Membawa Makanan dan Minuman

Meskipun disini sudah banyak pedagang yang menjajakan jajanannya. Namun, dengan anda membawa bekal sendiri tentunya akan lebih hemat. Selain itu, jika anda tidak suka dengan penganan yang ada disana. Oleh sebab itu, membawa makanan dan minuman sendiri termasuk cara mengatasinya. Namun, perlu diingat bahwa tetap jaga lingkungan jangan sampai meninggalkan sampah sembarangan.

  1. Menjaga Barang Bawaan

Jagalah barang bawaan anda dengan hati-hati. Jangan sampai karena terlalu asyik bermain di pantai anda lupa untuk menjaga barang bawaan anda. Jika memang tidak terlalu perlu anda bisa meninggalkannya di kendaraan anda. Jangan lupa juga untuk menjaga barang elektronik anda seperti handphone atau kamera terkena air laut. Karena bisa menyebabkan karat dan menyebabkan kerusakan. Bila perlu persiapkan plastik atau casing pelindung anti air.

  1. Memakai Kostum yang Tepat

Nah ini juga penting, ketika anda berkunjung ke pantai jangan menggunakan pakaian yang tebal dan juga berwarna hitam. Karena itu bisa membuat anda gerah dan kepanasan. Anda juga bisa membawa selendang pantai selain lebih fashionable anda juga tidak khawatir untuk menjadikannya alas duduk anda di pasir. Aksesoris lain seperti topi pantai dan kacamata mungkin akan menambah keren foto-foto anda saat bermain di pantai.

  1. Membawa Pakaian Ganti

Meskipun anda tidak bermain air anda juga perlu mempersiapkan ini. Terkadang suasana yang panas membuat badan berkeringat. Selain itu, bermain di pantai tidak lepas dengan yang namanya pasir. Dengan membawa pakaian ganti anda akan lebih nyaman dalam perjalanan pulang anda nantinya.

Demikian sekilas pembahasan tentang pantai Mlarangan Asri. Apabila anda pernah ke tempat ini anda bisa membagikan pengalaman anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat.