Foto : @kopertripjogja

Pantai Pandansari, Pantai dengan Mercusuar yang Ikonik – Banyak pilihan wisata yang tersedia di Yogyakarta. Rasanya sehari saja tidak cukup untuk mengeksplor keseluruhan daya tarik wisata di daerah istimewa tersebut. Mulai saja dari pusat kota di mana terdapat banyak tujuan wisata budaya, seperti Alun-alun Kidul dan beberapa museum terkenal. Belum lagi wisata belanja populer yang juga akan memanjakan hasrat belanja para wisatawan.

Tidak hanya di pusat Yogyakarta, di seluruh provinsi tersebut pengunjung bisa menjelajahi banyak tempat wisata. Terutama wisata bernuansa alam yang selama ini menjadi ciri khas Jogja selain wisata budaya dan sejarahnya. Terdapat beberapa nama tempat wisata alam yang populer, mulai dari pantai, kebun buah, dataran tinggi sampai hutan. Semuanya tersedia dan siap memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya.

Di bagian selatan Yogyakarta, ada beberapa nama pantai yang menjadi tempat wisata paling wajib dikunjungi. Satu di antaranya adalah Pantai Pandansari, pantai unik di Kabupaten Bantul. Namanya memang belum sepopuler pantai lain yang selama ini menjadi ikon Jogja, seperti Pantai Parangtritis dengan segala kisah misterinya. Namun pantai di Bantul tersebut tetap menjadi rekomendasi paling bagus saat berkunjung ke Jogja.

Tertutupi oleh Pohon Cemara

Tempat wisata alam berupa pantai umumnya menawarkan keindahan alam berupa pemandangan laut yang luas, pantai yang cantik disertai dengan hamparan pasir dengan warna khas. Namun ada pemandangan yang sedikit berbeda dengan pantai bernama Pandansari di Desa Patehan itu. Pantai tersebut tetap memperlihatkan pemandangan laut dengan air jernihnya, tetapi pengunjung tidak akan menemukan hamparan pasir seperti di pantai lainnya.

Pemandangan pertama yang akan menyambut pengunjung adalah deretan pohon cemara laut. Sebagian besar wilayah pantai tertutupi dengan jenis pohon tersebut yang terlihat seperti pagar penjaga. Jenis pohon tersebut akan meranggas di musim kemarau dan menyisakan batang-batangnya saja. Keunikan inilah yang menjadi alasan mengapa tidak boleh melewatkan Pantai Pandansari sebagai salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi.

Terdapat Mercusuar yang Ikonik

Keberadaan mercusuar di area pantai bukan hal yang jarang terjadi. Karena memang kegunaannya sangat penting yaitu sebagai penerang bagi pelaut saat malam, maka bisa dipastikan bangunan menjulang tinggi itu sudah pasti ada di setiap pantai. Namun keberadaan mercusuar di pantai yang juga sering disebut Pantai Patehan itu menjadi simbol yang sangat ikonik.

Tidak hanya sekedar menjalankan fungsinya, mercusuar di pantai tersebut dapat digunakan sebagai tempat untuk menikmati pemandangan. Pengunjung bisa mendaki mercusuar tersebut dengan menapaki anak-anak tangga yang tersusun melingkar. Pastikan memiliki keberanian yang cukup saat mendaki karena mercusuar itu sangat tinggi. Selain itu, pengunjung hanya boleh mendaki dalam keadaan sehat dengan fisik yang kuat sebab pendakian sangat melelahkan.

Bagi pengunjung yang siap mendaki mercusuar sampai puncaknya, tetap disarankan untuk selalu berhati-hati dengan menggunakan alas kaki yang memadai agar tidak terpeleset. Saran ini penting untuk diperhatikan sebab anak-anak tangga yang terbuat dari besi itu sudah cukup berkarat. Sesampainya di atas puncak mercusuar, perjuangan mendaki akan terbayar dengan pemandangan garis pantai yang sangat keren.

Manfaatkan Spot Foto

Wisatawan yang berkunjung ke pantai pasti membayangkan bisa bermain pasir dan berenang di bibir pantai bersama ombak yang tidak terlalu besar. Keinginan yang demikian tidak akan bisa terwujud jika berkunjung ke Pantai Pandansari lantaran tidak ada area pantai yang bisa dijadikan tempat bersantai. Namun jangan khawatir karena pengunjung tetap bisa mendapatkan pengalaman liburan yang seru di pantai tersebut.

Deretan pohon cemara yang tumbuh di sepanjang garis pantai bisa menjadi spot foto menarik. Baik saat musim penghujan ketika pohon cemara tumbuh menghijau maupun saat kemarau ketika daunnya berguguran, akan tetap menjadi latar belakang foto yang indah. Pengunjung bisa memanfaatkan area bawah pohon untuk menggelar tikar, menikmati sejuknya angin yang berhembus dan menghabiskan waktu bersantai.

Pantai Pandansari merupakan tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Bantul. Untuk mencapai tempat tersebut, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia kendaraan umum yang sampai di sana. Cukup menyusuri jalan Bantul dan mengarah ke selatan, pengunjung dapat sampai di pantai tersebut.