Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X

Diilhami dari Serat Lenggahing Harjuna yang ditulis langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, nama Bedhaya Mintaraga yang dibawakan 9 penari ini diambil dari nama tokoh pewayangan Raden Harjuna saat sedang bertapa. Penari yang berada di posisi paling tengah (jangga) akan memerankan Raden Harjuna. Sementara itu, 8 penari lainnya memerankan tokoh delapan istri Raden Harjuna, yakni Sumbadra, Larasati, Srikandi, Lestari, Palupi, Manuhara, Dresnala, dan Supraba.

Pemilihan nama “Mintaraga” atau Raden Harjuna ketika sedang bertapa mengandung banyak pesan, tak lepas dari ajaran mesu budi yang dapat diartikan sebagai usaha mengendalikan hawa nafsu, baik fisik maupun psikis. Raden Harjuna bertapa untuk memenuhi darma ksatria dalam tugas melindungi rakyat. Kehadiran delapan istri Raden Harjuna dalam Bedhaya Mintaraga sesungguhnya mengandung berbagai ajaran ksatria yang melekat pada sang manusia sejati.

Saksikan Bedhaya Mintaraga yang akan diiringi Gendhing Danasmara sebagai gending utama serta Gendhing Gati Retnadi dan Gati Surendra sebagai pembuka dan penutupnya pada:
Sabtu, 10 April 2021
Pukul 20.00 – selesai
Live streaming dari Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat via YouTube Channel @kratonjogja