Foto : @sarsatlinmas_04

Pantai Kuwaru: Keindahan yang Nyaris Terlupakan – Hampir setiap manusia memiliki kesamaan terkait ingatan dan sesuatu hal yang lebih baru. Alhasil, salah satu pantai yang memukau dengan deretan cemaranya ini nyaris terlupakan oleh ingatan, dan digerus oleh hadirnya wisata-wisata yang lebih kekinian. Sebutlah pantai yang ada di Desa Kuwaru, Bantul, Yogyakarta yang memiliki keindahan tapi mulai nyaris terlupakan.

Padahal pantai Desa Kuwaru ini dapat dijadikan pilihan liburan ke tempat yang santai, murah, dan banyak kegiatan menarik di dalamnya. Jam operasional dari pantai yang ada di Bantul ini memang terbatas dari pukul 5 pagi hingga 6 sore saja, tapi tiketnya cukup murah yakni 5 ribu rupiah per orang, baik itu dewasa atau masih anak-anak. Ditambah dengan berbagai fasilitas dan wahana seru yang menjadikannya tidak layak untuk dilupakan.

Pantai dengan Payung Hidup di Desa Kuwaru

Dahulu sekali, pantai ini terkenal sebagai tempat yang terkotor, tapi kini lihatlah pohon cemara yang telah ditanam bersamaan saat pembersihan total dan pengalihan fungsi pantai di Desa Kuwaru ini. Pantai yang dapat ditempuh menggunakan motor atau mobil dari pusat Kota Yogyakarta ini begitu memesona dengan payung hidupnya. Rimbunnya cemara yang ditanam berjajar di dua sisi jalan pinggir pantai, membuatnya teduh seperti dipayungi.

Inilah keunikan dari Pantai Kuwaru yang memiliki kerimbunanan dan keteduhan dari pohon cemara, bukan dari pohon kelapa seperti di panai lainnya. Tidak heran apabila di siang hari pantai ini tetap teduh, dan justru cahaya matahari yang hendak menerobos dari celah dedaunan cemara menjadikannya eksotis. Sanat tidak layak untuk dilupakan apalagi ditinggalkan, foto yang instagramable bisa didapatkan di antara payung hidup Kuwaru.

Wahana Kolam Renang Pantai Aman di Desa Kuwaru

Nyaris terlupakan bahwasannya pantai yang ramah dengan anak-anak dan berlokasi di Bantul, Yogyakarta ada di Desa Kuwaru. Pengelola setempat telah melakukan desain guna kemanan dan kenyamanan anak-anak untuk menikmati wahana kolam renang selama berada di pantai. Sebab, ombak laut Kuwaru kerap membuat khawatir sebagian orang tua, tapi bukan ke pantai namanya jika tidak berenang dan basah-basahan.

Solusi yang tepat untuk dapat tetap berenang aman dan nyaman selama ke  Pantai Kuwaru ialah dengan mengunjungi wahana kolam renangnya. Tenang saja, cukup membayar 5 ribu rupiah per orang untuk berenanng dan main di papan seluncur kecil yang pastinya aman untuk anak-anak. Tidak dalam dan disediakan ban pelampung untuk anak-anak yang belum pandai berenang agar semakin seru menghabiskan waktu liburan di pantai Bantul ini.

Sewa ATV atau Trail untuk Keliling Pantai di Desa Kuwaru

Pantai Bantul yang terletak di Desa Kuwaru ini memang sangat tidak layak untuk Anda lupakan, apalagi pihak pengelola menawarkan keseruan lewat susur pantai menggunakan kendaraan yang bisa menghadapi berbagai medan, seperti ATV dan motor trail. Namun, Anda dilarang melakukan kebut-kebutan liar selama susur pantai menggunakan ATV atau trail, karena banyak orang dan juga anak-anak.

Berkendaralah dengan aman untuk diri sendiri dan juga orang lain dengan melakukan sewa ATV 25 ribu rupiah per 15 menit. Keamanan selama susur pantai menggunakan ATV atau trail sangat tergantung kepada diri Anda sendiri. Apalagi saat Anda harus mengajak putra dan putri ikut susur pantai dengan menyewa ATV, maka pastikan untuk tidak mengebut dan ugal-ugalan. Santai saja dan nikmati setiap deburan ombak Pantai Kuwaru.

Berburu Ikan Segar di Pantai Desa Kuwaru

Anda penggemar kudapan yang memiliki bahan utama ikan segar, maka jangan pernah lupakan si pantai yang terkenal dengan jajaran perahu nelayan di bibir pantainya ini. Sebab, tidak sekadar berlayar mencari ikan saja, tetapi warga setempat juga menyediakan pasar ikan dengan berbagai jenis makanan laut dengan harga terjangkau. Anda bisa membeli aneka makanan laut dari para nelayan yang ada di pinggiran pantai Desa Kuwaru ini.

Terkenal sebagai pantai dengan sentra seafood terbaik di Bantul, Yogyakarta, sungguh tidak layak untuk dilupakan. Mari ramaikan lagi Pantai Kuwaru yang memiliki banyak fasilitas dan wahana seru dengan harga yang sangat ramah di kantong ini. Berlibur ke pantai Desa Kuwaru bukan sekadar mengejar hal yang kekinian, tapi bisa menyegarkan pikiran sekaligus menghemat pengeluaran.