Foto : @nikenaprilia58

Gunung Kendil ini merupakan salah satu obyek wisata baru yang mulai dikenal dikalangan para pemburu wisata alam. Teletak di deretan perbukitan menoreh, Gunung Kendil menawarkan panorama alam yang akan menyegarkan mata. Gunung Kendil ini juga cocok buat kamu yang ingin belajar mendaki gunung. Walaupun namanya gunung, tetepi jangan bayangkan bahwa gunung kendil ini seperti gunung-gunung di Jawa pada umumnya ya. Gunung ini masuk dalam kategori bukit bagi para pendaki.  Gunung ini cocok untuk kamu yang baru belajar trekking dengan medan tanah yang tidak teralalu menanjak dan jaraknya cukup pendek. Dipunak Gunung Kendil sendiri terdapat pagar bamboo yang secara swadaya dibuat masyarakat untuk menjaga keamanan. Hal ini karena di puncak gunung ini memiliki jurang yang cukup curam. Gunung Kendil ini bisa memberikan pengalaman baru buat kamu yang mau berkegiatan di alam. Berlatih berjalan, mengatur nafas ketika berjalan dan mengatur istirahat.

Pemandangan selama trekking sangatlah menarik, pemandangan perbukitan menoreh yang hijau dan tentunya sejuk membuat kamu tak akan berhenti berdecat kagum. Jika pagi hari kamu akan melihat deretan perbukitan hijau yang ditutup kabut dan awan putih bersih. Tentunya kamu tidak bisa hanya membayangkan bukan ?. Gunung ini secara administratif  terletak di Dusun Nglambur, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya yang berada di sebelah barat Kota Yogyakarta ini membuat aksesnya cukup mudah dan tidak terlalu jauh. Tempat wisata ini bisa kamu akses melalui Kalibawang. Lokasi yang juga dekat dengan Puncak Suroloyo ini bisa dijadikan alternatif lain selain hanya mengunjungi puncak suroloyo.

Suasana yang ditawarkan memang tidak jauh berbeda dengan di Puncak Suroloyo. Hanya saja karena lokasi ini terbilang masih sangat baru, tentunya wisata alam ini tidak seramai di Puncak Suroloyo. Daya tarik lainnya dari tempat wisata ini adalah sunrise eksotis yang akan disajikan dengan latar perbukitan menoreh. Apabila kamu beruntung, samar-samar kamu akan melihat candi Borobudur dari atas puncak Gunung Kendil. Selain itu, kamu juga bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Sumbing yang saling bersebelahan. Warna keemasan matahari terbit, dipadukan dengan pemandangan yang menakjubkan akan memuat kamu jatuh cinta dengan tempat ini. Bagi kamu yang tidak bisa bangun pagi-pagi, dan terlalu malas berjalan dini hari untuk menikmati keindahan sunrise, kamu bisa camping semalam disini. Malam hari kamu bisa menghabisakan waktu dengan teman, keluarga atau pasanganmu. Sambil melihat taburan bintang di langit, kamu bisa mengisinya dengan ngobrol santai sampai deeptalk. Pilihan lainnya kamu bisa masak-masak cantik untuk makan malam. Terdengar sangat menarik dan romantis kan. Pagi harinya kamu bisa menikmati indahnya sunrise dari balik tendamu. Kamu cukup membuka resleting tenda dan kamu akan menikmati sunrise terbaikmu.

Untuk menikmati semua keindahan tersebut, kamu tidak perlu membayar biaya retribusi. Tempat ini belum ada yang mengelola secara profesional untuk menarik tiket masuk. Kamu cukup menyiapkan uang Rp2.000 hingga Rp5.000 untuk biaya parkir kendaraanmu. Terdapat Kamar mandi, Mushola dan beberapa warung makan di tempat wisata ini. Untuk melengkapi stok foto-foto cantikmu, tempat ini juga memiliki beberapa spot selfie yang dibuat oleh warga. Kamu bisa berfoto dengan latar pemandangan perbukitan menoreh. Jadi Gunung Kendil ini tentunya bisa masuk daftar tempat wisata yang akan kamu tuju tentunya. Dengan berbagai daya tarik dan fasilitas yang ada.