Foto : @suswatiraha

Yogyakarta merupakan sebuah daerah di Indonesia yang kaya akan budaya serta keindahan tempat di sekitarnya. Di sana terdapat cukup banyak tempat wisata mulai dari taman wisata hingga wisata air. Salah satu wisata air di daerah tersebut ialah air terjun Tlogo Muncar.

Daerah tersebut merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat digemari oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. air terjun tersebut berada di lereng gunung berapi sehingga pemandangan disekitarnya dipastikan sangat indah dan cantik. Udara di sekitarnya tentu saja cukup sejuk sehingga sangat nyaman untuk dijadikan tempat wisata.

Air terjun yang dimaksud ialah Tlogo Muncar Kaliurang yang terletak di Desa Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Jika Anda membutuhkan tempat yang sejuk dan hijau maka tempat ini sangat cocok dan direkomendasikan. Anda bisa merasa sejuk dan nyaman untuk menghilangkan penat setelah beraktivitas sehari-hari.

Lokasinya terletak di 30 kilometer dari pusat Kota Jogja. tempat wisata ini cukup mudah diakses karena berada di area wisata Kaliurang dimana banyak kendaraan yang bisa mengakses daerah tersebut. Arahkan kendaraan ke jalan Kaliurang ikuti jalan hingga ke pintu gerbang wisata Kaliurang.

Berikutnya Anda akan menempuh jarak kurang lebih 600 meter dengan berjalan kaki menempuh jalan setapak untuk sampai ke Tlogo Muncar Kaliurang. di sepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan yang sejuk dan asri untuk mengobati rasa lelah akibat berjalan kaki cukup jauh.

Air terjun tersebut berada di ketinggian 878 meter dari permukaan laut sehingga udaranya cukup dingin. Air terjun di sana memiliki ketinggian sekitar 40 meter sehingga cukup memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Airnya mengalir dari mata air yang berada pada kaki gunung Merapi.

Hal inilah yang membuat suhu air dari Tlogo Muncar Kaliurang tersebut cukup dingin. Namun meskipun dingin air tersebut bisa menghilangkan penat dan meredakan stres karena sangat sejuk saat mengenai tubuh Anda. Salah satu hal yang sangat menarik dari area ini ialah banyaknya monyet liar di sekitarnya.

Namun Anda tak perlu khawatir karena monyet di daerah tersebut sudah cukup terbiasa dengan keramaian sehingga tidak akan mengganggu para pengunjung. Hal yang paling penting Anda tidak mengganggu kawanan monyet tersebut terlebih dahulu.

Selain area sekitar dan pemandangannya yang menarik Anda juga akan disuguhkan beberapa fasilitas di sekitarnya yang terdiri dari :

  • Taman rekreasi anak
  • Kolam renang
  • Camping ground
  • Area parkir
  • Tempat kuliner

Beberapa fasilitas tersebut bisa Anda gunakan untuk berekreasi dan berwisata bersama keluarga dan kerabat. Di kawasan air terjun Tlogo Muncar Kaliurang tersebut Anda bisa menjumpai beberapa makanan khas dari daerah tersebut. Makanan tersebut misalnya jadah dan tempe yang menjadi makanan favorit di daerah tersebut.

Jadah terbuat dari beras ketan yang akan dikukus. Sementara itu tempe akan dimasak dengan cara dibacem dengan bumbu khas yang sudah dibuat secara khusus. Kurang lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke daerah ini tanpa mencoba jadah dan tempe khas dari daerah tersebut. Jadi Anda jangan melewatkan untuk mencoba makanan tersebut.

Makanan tersebut bisa Anda makan di tempat karena para penjualnya sudah tersedia di sekitar tempat wisata ini. Jika ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh juga bisa namun daya tahannya tidak akan terlalu lama karena terbuat dari bahan-bahan alami. Untuk citarasanya sangat khas sehingga akan menjadi makanan yang tidak terlupakan.

Jika Anda ingin berwisata di daerah Jogjakarta maka air terjun Tlogo Muncar Kaliurang tersebut sangat direkomendasikan karena memiliki area yang cukup lengkap. Beberapa fasilitasnya juga bisa membuat Anda merasa lebih nyaman untuk menghabiskan waktu di tempat tersebut. Hal ini tentu bisa melepas penat terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat.

Pastikan lakukan persiapan yang matang sebelumnya agar liburan dan wisata yang Anda lakukan berjalan dengan aman dan nyaman. Siapkan perbekalan yang mencukupi dan sediakan beberapa kebutuhan beserta perlengkapannya dengan baik. Dengan begitu Anda bisa menghabiskan liburan yang berkualitas di air terjun Tlogo Muncar Kaliurang tersebut.