Foto : @arfakevin16

Tempat wisata memang saat ini memang sangat banyak sekali. Tidak selalu harus di luar negeri. Namun di dalam negeri pun bisa melakukan liburan. selain dekat, dari segi biayapun lebih pas di kantong jika kita bandingkan dengan berlibur di luar negeri. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk berlibur ke luar kota.

Dari berbagai tempat wisata yang ada kini ada tempat destinasi wisata yangbaru. Yaitu Goa langse. Walaupun tempat yang satu ini baru sebagai tempat wisata, namun perlu kalian ketahui bahwa tempat tersebut memang sangat populer di kalangan masyarakat. Baik orang lokal maupun manca negera pun mengunjungi tempa yang satu ini.

Selain tempat wisata tersebut menjadi tempat wisata yang terkenal. Dibalik itu goa tersebut juga sangat kental akan sejarahnya. Menurut cerita, goa tersebut sempat beberapa kali di kunjungi oleh Presiden Soekrano serta Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Mengenal Goa Langse

Ketahuilah bahwa dari berbagai tempat yang terletak di pegunungan terkadang mempunyai aura yang magis serta suasana gelap dan sunyi. Karena demikian, tempat tersebut terkadang dijadikan sebagai tempat bertapa maupun menepi. Salah satunya adalah Goa Langse ini yang terdapat di tebing parangtritis.

Disisi lain menurut cerita penduduk setempat bahwa tempat tersebut merupakan bekas tepat beberapa tokoh penting di Indonesia dahulu. Salah satunya adalah Presiden Soekarno. Bahkan sampai sekarang pun tempat tersebut kerap dikunjungi para pendatang untuk berdoa.

Dulu, sebelum medan menuju tempat tersebut cukup berat, pasalnya Anda sebagai pengunjung mesti merayap pada dinding tebing yang dimana tingginya 400 meter dari permukaan tanah dan dibawahnya merupaka laut selatan dengan batu karang. Hal tersebut memang sangat mengerikan.

Akan tetapi saat ini untuk pergi kesana, akses untuk masuk pada goa tersebut sudah diperbaiki. Sehingga Anda tidak perlu melakukan cerita di atas tadi. Karena kalian bisa menuju tempat tersebut menggunakan anak tangga yang dibuat dengan beton.

Keunggulan Tempat Wisata

Nah goa langse ini akan menawarkan Anda pesona wisata rohani untuk mereka pemburu spiritualisme. Biasanya yang berkunjung ke tempat tersebut akan berdoa.  Disisi lain pengunjung nantinya akan mengisi buku tamu serta membayar donasi untuk perawatan goa, lalu untuk pergi ke goa mesti berjalan kaki melewati sebuah kebun 750 meter.

Kondisi mulut goa tersebut bsia dibilang lembab, akan tetapi cukup besar. Sehingga dengan demikian bisa mendapatkan cahaya matahari. Untuk kedalamam goa tersebut kurang lebih 100 sampai 200 meter. Selain itu juga terdapat bilik mandi dengan ari yang langsung dari sumber mata air yang keluar dari goa.

Setelah itu pengunjung pun boleh melakukan semedi ( bagi yang ingin ).  Ketika di dalam tidak terdapat penerangan apapun. Namun untuk kalian tidak terbiasa untuk melakukan hal tersebut maka kalian bisa melihat keindahan goa langse dan indahnya pantai selatan. Jika dilihat, karakteristik goa tersebut terlihat indah dengan stalagtit dan stalagmit yang berkilauan.

Bagi mereka yang melakukan semedi, di dalam goa terdapat peraturan, menurut juru kuncinya di dalam tersebut kita tidak boleh berbicara, menyalakan cahaya maupun mengambil foto keadaan goa.

Lokasi Tempat Wisata Goa

Untuk kalian yang ingin pergi ke tempat tersebut untuk berlibur, lokasinya berada di Desa Girirejo, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Nah dari kota pusat Yogya. Anda bisa melalui rute jalan menuju pantai parantritis. Saat sampai di parangtritis, lewati jalan aspal hingga perbukitan menuju landas paralayang.

Anda ikuti hingga naik. Nah goa lengse tersebut ada di kawan tersebut. sebagai saran, Anda bisa parkir di area tersebut. pasalnya medan selanjutnya cukup sulit untuk di masuki oleh kendaraan.

Fasilitas Tempat Wisata

Tempat ini bisa dibilang tempat untuk pertapaan, sehingga fasilitasnya sangat diutamakan, akan tetapi disana terdapat berbagai bangunan seperti pondokan. Akan tetapi apabila Anda membutuhkan minuman maupun makanan biasa membelinya pada juru kunci yang berada di lokasi.

Sekian informasi yang bisa diberikan untuk Anda mengenai wisata Goa Langse yang dimana tempat tersebut bisa disebut tempat untuk spiritual, namun bisa juga bagi kalian yang ingin berlibur melihat keindahan goa tersebut.