Foto : @wisata_puncak_kosakora

Ketika sedang menikmati hari libur, tentu Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang menarik. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, dari wisata alam, wisata kuliner, hingga sekedar jalan-jalan di tempat wisata alam terbuka.

Jika Anda berdomisili di Yogyakarta, ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah puncak kosakora. Tempat wisata ini memiliki keunggulan tidak hanya sebagai tempat wisata namun juga sebagai tempat camping. Kalau Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, berikut adalah informasi yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Berdirinya Punak Kosakora

Awalnya tempat wisata ini tidak dibuat sebagai tujuan komersil, awalnya tempat ini merupakan area perbukitan. Tidak ada seorangpun yang datang kesini satu decade terakhir, namun setelah beberapa anak muda melakukan camping disana dan perbukitan tersebut dikelola oleh masyarakat, maka ia menyedot banyak atensi masyarakat.

Kini tidak sedikit orang yang datang ke tempat wisata ini, tidak hanya untuk menikmati pemndangan saja, namun juga untuk camping bersama dengan teman atau komunitas. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata ini tidak hanya di akhir pekan saja, ia buka di hari biasa dan hari libur.

Retribusi dan Harga Tiket Masuk

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus lewat Gunung Kidul, bagian selatan wilayah Yogyakarta. Dari sana Anda bisa masuk ke jajaran pantai Gunung Kidul dan menemukan jalan masuk menuju puncak kosakora.

Mengenai harga tiket masuk, ketika Anda hendak naik ke puncak, terdapat biaya retribusi masuk pantai yang harus Anda bayar. Jangan khawatir karena harganya cukup terjangaku, cukup 10 ribu rupiah saja untuk satu orangnya. Nantinya jika hendak naik ke puncak, maka Anda bisa membayar tambahan tiket sebesa 2 ribu rupiah.

Apabila Anda hendak berkemah, terdapat biaya dan perizinan yang harus Anda urus. Untuk satu malamnya, Anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah, dengan tariff tersebut Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas lengkap yang tersedia di tempat camping tersebut.

Selanjutnya untuk biaya parkir, terdapat dua jenis pembayaran yang bisa Anda pilih, yakni membayar sekali masuk atau menginap semalaman. Untuk mobil, Anda hanya perlu membayar 5 ribu rupiah untuk sekali masuk dan 10 ribu rupiah jika hendak menginap. Sedangkan untuk motor, biayanya 3 ribu rupiah untuk satu kali masuk dan 5 ribu rupiah untuk menginap per malamnya.

Jangan lupa mengenai jam operasional, untuk puncak kosakora, ia tidak memiliki jam operasional yang ketat karena merupakan tempat camping. Anda bisa datang kapan saja dan pergi kapan saja, sebab ia buka 24 jam penuh. Namun ingat untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban selama beraktifitas disana.

Aktifitas Menarik di Puncak Kosakora

  1. Menikmati Indahnya Bukit Karts

Hal yang menarik dari pantai yang ada di Gunung Kidul adalah bukit karst yang ada di sekeliling pantai. Dengan naik menuju puncak bukit ini, Anda bisa dengan mudah memandang bukit karts khas Gunung Kidul dengan lebih leluasa.

b. Menikmati Panorama Alam

Landskap dan panorama alam yang ada di puncak bukit ini juga cukup menarik, sebab Anda bisa melihat pemandangan rumput yang hijau dan pepohonan. Dengan ketinggian 50 meter diatas permukaan laut, Anda bisa melihat hijaunya rumput dan pepohonan di sekelilingnya.

c. Menikmati Laut

Karena dekat dengan laut, maka Anda juga bisa datang dan menikmati pemandangan laut selatan yang indah. Anda bisa menyaksikan secara langsung ombak yang bergulung-gulung, sehingga menampakkan landskap alami puncak kosakora. Pasir putih akan terlihat kontras dengan daratan yang cokelat dan hijau.

Jika Anda berkemah, jangan lupa membawa tenda dan matras untuk tidur, namun jika Anda lupa membawanya, tersedia penyewaan tenda. Tenda yang dapat Anda sewa ada dua, yakni tenda besar dan kecil dengan harga masing-masing 60 ribu dan 100 ribu rupiah.

Itulah berbagai informasi mengenai puncak kosakora dan aktifitas menarik yang bisa Anda lakukan disana. Semoga informasi ini dapat memudahkan Anda, terutama yang hendak datang dan menikmati keindahan tempat wisata tersebut dalam waktu dekat.