Foto : @angga_rasepta

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki destinasi wisata yang cukup banyak mulai dari wisata alam wisata kuliner hingga berbagai penyewaan tempat tinggal di sekitarnya. Salah satu yang paling digemari ialah wisata alam karena bisa membuat siapapun yang berkunjung ke sana merasa nyaman karena kondisi di sekitarnya.

Salah satu wisata alam yang bisa Anda kunjungi ialah bukit Cendana yang menyuguhkan pemandangan di sekitarnya yang indah dan menarik. Bukit yang satu ini menjadi favorit para wisatawan karena memiliki spot yang sangat indah untuk melihat matahari terbit serta beberapa spot foto yang menarik.

Tempat wisata ini tepatnya disebut sebagai bukit Cendana Kulonprogo. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Kalibiru dan Waduk Sermo Kulonprogo. Jika Anda ingin berwisata di bukit tersebut maka Anda bisa mengunjungi dusun Tegiri, desa Hargowilis, kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi bukit ini ialah pada pagi hari sebelum matahari terbit dan pada sore hari menjelang senja atau matahari terbenam. Anda bisa menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset dari atas bukit yang sangat mempesona. Anda bisa merasakan pengalaman yang sangat menyenangkan dari pemandangan yang sangat indah.

Anda bisa mengabadikan pemandangan tersebut dengan menggunakan kamera ponsel maupun kamera digital yang Anda miliki. Dengan berpose di atas bukit berlatar pemandangan sunrise atau sunset maka Anda bisa memiliki foto yang sangat menarik dan indah. Anda juga bisa merasakan udara yang sangat sejuk di sekitarnya.

Salah satu area favorit di bukit Cendana Kulonprogo ini ialah sebuah gardu pandang yang disediakan secara khusus oleh pemilik wisata. Gardu pandang tersebut juga menjadi spot terbaik bagi Anda yang gemar berswafoto. Dari sana juga terlihat hamparan luasnya Waduk Sermo yang sangat indah jika diabadikan.

Konon katanya bukit ini memiliki cerita rakyat tepatnya di puncak Kayangan yang didalamnya pernah terdapat satu wali dari tanah Jawa yang melakukan tapa di lokasi ini. Di sekitarnya terdapat beberapa petilasan pohon bambu yang rimbun dan sumur tua yang hingga kini masih dilestarikan keberadaannya.

Di luar hal itu bukit Cendana Kulonprogo memang memiliki keasrian di sekitarnya yang ditandai dengan banyaknya pepohonan di daerah tersebut. Siapapun yang datang ke tempat wisata ini tentunya bisa melepas penat menikmati udara dan pemandangan di sekitarnya. Siapapun pasti bisa merasa nyaman berlama-lama di tempat tersebut.

Meskipun masih tergolong tempat wisata baru namun bukit yang satu ini memiliki pengunjung yang cukup banyak setiap harinya terutama di akhir pekan. beberapa fasilitas dan juga turut mendukung kenyamanan para wisatawan seperti adanya tempat parkir, warung kecil serta gardu pandang yang sangat nyaman.

Namun Anda juga perlu berhati-hati untuk berada di sana karena pada dasarnya tempat ini masih dalam tahap pengembangan oleh pengelolanya. Sehingga kelestarian dan keberadaannya harus dijaga seketat mungkin. Meskipun sudah cukup nyaman Namun bukan berarti pembangunan di bukit Cendana Kulonprogo sudah rampung 100%.

Untuk sampai ke bukit ini Anda harus melalui perjalanan selama 5 hingga 10 menit saja. Perjalanan yang ditempuh juga tidak terlalu sulit dan melelahkan. selama perjalanan Anda juga harus menjaga lingkungan di sekitarnya. Anda dituntut untuk ikut serta menjaga ke alamian bukit cendana dengan tidak membuang sampah dan menjaga keutuhan alam di sana.

Lokasi dari bukit Cendana Kulonprogo ini cukup mudah dijangkau dan bisa dilewati oleh kendaraan. Untuk puncaknya berada di dusun Tegiti 2 di desa dan Kecamatan yang sama. Untuk berwisata di akhir pekan Anda bisa berkunjung ke tempat ini. Anda sangat disarankan untuk menggunakan sepeda motor untuk berkunjung ke kawasan ini.

Anda bisa turut mengajak keluarga atau rekan Anda untuk pergi ke tempat wisata ini. Nantinya Anda bisa menghabiskan waktu yang menyenangkan dengan melihat pemandangan dan lingkungan yang sangat asri serta sejuk.

Pastikan buatlah persiapan yang sangat matang sebelum berkunjung ke bukit Cendana Kulonprogo ini agar liburan yang Anda lalui bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Selain itu Anda juga bisa menciptakan momen yang tidak terlupakan bersama orang-orang terdekat Anda.