Foto : @briandsumito

Kuliner tidak pernah mengalami surut peminat. Semakin hari semakin banyak inovasi baru baik dari segi menu masakan, cara penyajian, serta metode penjualan. Yang pada akhirnya memiliki tujuan yang sama, yaitu lakunya penjualan. Sejak dulu penjualan seperti angkringan ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang.

Semakin bertambahnya zaman, angkringan semakin sepi diminati dan tergantikan oleh bangunan-bangunan kafe atau tempat makan. Sekarang ini kembali lagi populer tempat makan angkringan yang bisa ditemukan di beberapa daerah. Salah satunya bisa Anda temukan saat berwisata atau bermain ke Kota Jogja.

Jogja memiliki tempat angkringan yang cukup fenomenal dan wajib sekali untuk dicoba oleh para pengunjung atau orang yang berlibur ke Jogja. Seperti biasanya angkringan menyediakan beberapa menu minuman sederhana dan juga beberapa cemilan makanan yang bisa dinikmati sambil menunggu hari semakin larut malam. Angkringan Lik Man menjadi salah satu angkringan yang menjadi pelopor berdirinya angkringan-angkringan lain di sekitar utara Stasiun tugu.

Angkringan ini memiliki beberapa menu terkenal seperti  kopi jos pengunjung dapat menikmati hangatnya kopi susu, es susu tape, dan beberapa menu lainnya yang bisa Anda dapatkan di angkringan ini. Bila berkunjung ke Jogjakarta tetapi Anda belum mampir di angkringan ini membuat pengalaman malam Anda kurang lengkap. Selanjutnya, simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan informasi keunikan Angkringan Lik Man lainnya.

Angkringan Legendaris Sejak Tahun 1960

Angkringan ini menjadi salah satu angkringan yang sudah cukup lama berdiri dan berada di sekitar stasiun tugu. Dulunya belum ada yang membuka warung serupa angkringan seperti ini. Awal mulanya angkringan ini berada di dalam stasiun pada tahun 1968 sampai 1972. Kemudian angkringan ini pindah menuju pos timur stasiun tugu. Pada tahun 1974 mengalami perpindahan kembali di jalan Wongsodirjan hingga saat ini.

Angkringan Lik Man ini merupakan sebuah tempat yang dijalankan dari generasi ke generasi. Hingga tidak heran jika angkringan ini tidak asing bagi penduduk Jogja sendiri, karena memang sudah berdiri sejak lama. Usaha ini saat ini dijalankan oleh keluarga Lik Man.

Harga Makanan dan Minuman Sangat Terjangkau

Makanan dan minuman yang memiliki harga terjangkau ini menjadi sasaran empuk bagi orang-orang yang memiliki pendapatan menengah ke bawah. Harga bersahabat yakni harganya tidak sampai Rp10 ribu, hal ini yang ditawarkan oleh angkringan ini mampu membuat semakin banyak yang mendatangi.

Selain harga yang miring dan terjangkau, angkringan ini memiliki banyak sekali menu makanan dan juga minuman. Salah satu makanan yang cukup terkenal di sini ialah kopi jos, yang pembuatannya ada campuran arang bakar yang masih membara dan jika diseduh dalam kopi panas akan berbunyi jos, makanya disebut dengan kopi jos Angkringan Lik Man.

Sejarah Unik Kopi Jos Lik Man

Awal tercetusnya kopi jos ini sangatlah unik sekali, ini merupakan bentuk eksperimen dari Lik Man atas pesanan pelanggannya yang ia tidak mengerti jenis kopinya. Pada suatu ketika Lik Man mendapatkan pesanan untuk membuatkan kopi Klothok.

Kopi Klothok ini merupakan kopi yang dibuat dengan cara kopi yang dimasak kemudian baru disiram dengan air, tetapi waktu itu Lik Man tidak bisa membuatnya. Berkat ketidaktahuannya itu Lik Man mulai menemukan siasat untuk tetap membuatkan kopi pelanggannya Angkringan Lik Man  dengan memasukkan bara arang dan memasukkannya ke dalam gelas yang berisi kopi dengan tujuan agar ada kesan nglontok atau mengelupas, sehingga bisa dinamakan kopi klothok.

Ternyata kopi ini malah menjadi varian baru, yang mana ketika perpaduan bara arang bertemu dengan seduhan kopi hingga timbul bunyi jos. Pelanggan itu pun bertanya, kopi apa ini bisa berbunyi seperti itu dan rasanya pun enak bahkan dirasa lebih enak dan berbeda dari kopi klothok. Akhirnya muncullah istilah kopi jos, untuk dapat menikmatinya Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp5 ribu.

Itulah informasi menarik mengenai Angkringan Lik Man tempat yang cukup legendaris di kalangan angkringan lainnya. Pasalnya angkringan ini berdiri lebih dulu dibandingkan dengan angkringan lainnya. menu yang disajikan dalam angkringan ini sangatlah beragam dan menawarkan makanan yang cukup murah dan terjangkau oleh orang.