Foto : @yunuz_holic

Berbicara mengenai angkringan tentunya sudah tidak asing lagi. Angkringan menjadi salah satu tempat makan dan juga minum yang biasanya ada di pinggir-pinggir jalanan. Keberadaan angkringan ini memanglah sudah cukup lama, namun baru-baru ini kembali banyak diminati oleh para masyarakat. Khususnya komunitas-komunitas sebagai tempat untuk berkumpul.

Angkringan ini menyediakan aneka minuman yang disajikan dengan cepat, dengan tambahan makanan-makanan seperti nasi bungkusan dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, ada pula camilan yang dijual secara terpisah untuk pelengkap saat berkumpul dengan teman sepermainan. Angkringan ini biasanya digunakan sebagai tempat beberapa pekerja jika buka mulai pagi hari, tetapi jika bukanya hanya di waktu sore hingga malam hanya digunakan oleh anak muda untuk berkumpul dengan temannya.

Salah satu angkringan Jogja yang cukup terkenal dan mesti ramai ini adalah Angkringan Wijilan Kang Harjo. Angkringan ini sudah ada sejak 15 tahun yang lalu, yakni pada tahun 2006. Angkringan ini berkonsep seperti prasmanan yang mana tempat yang sangat luas dan memiliki 2 lantai yang bisa digunakan pada bagian atas untuk pengunjung yang ingin lesehan, atau ada pula tempat yang bisa digunakan apabila ingin menggunakan tempat duduk.

Angkringan Wijilan Kang Harjo ini merupakan salah satu angkringan yang banyak didatangi oleh para pembeli dan cukup terkenal sekali di kalangan masyarakat. Angkringan ini pun termasuk dalam angkringan yang banyak memiliki pengunjung dan memiliki cita rasa yang tidak bisa diragukan lagi.

Tempat Nongkrong Asik

Angkringan memang menjadi tempat nongkrong yang asik saat ini. Berkumpul dengan teman, duduk lesehan, dengan penerangan yang cukup, dan saling berbagi cerita ini menjadi keseruan tersendiri. Ditambah dengan suasana malam Angkringan Wijilan yang mulai dingin dan suara kendaraan yang berlalu lalang di jalan. Menambah malam yang syahdu.

Tidak heran dibandingkan dengan menikmati masa malam di kafe ataupun kedai, Angkringan ini sering menjadi tempat tujuan yang menarik. Dengan suasana lepas akan lebih enak jika mengobrol dan berkumpul dengan kawan. Di angkringan ini pun harganya juga cukup terjangkau dibandingkan dengan kafe ataupun kedai-kedai kopi lainnya. Tempat seperti ini menjadi salah satu tempat yang rekomended untuk dijadikan sebagai tempat tujuan bertemu dengan banyak teman.

Makan Nasi Ambil Sendiri

Enaknya lagi, di angkringan ini adalah ketika membeli makan Anda bisa mendapatkan nasi Anda sendiri. Anda bisa mendapatkan nasi sesuai ukuran makan Anda. Tidak semua warung menyediakan pengambilan nasi sendiri seperti Angkringan Wijilan, kebanyakan warung-warung mengambilkan sesuai dengan takaran dan porsi mereka entah bisa dihabiskan ataupun malah kurang bagi orang lain.

Di angkringan ini Anda bisa mendapatkan nasi atas ambilan Anda sendiri. Banyak sedikitnya ditentukan oleh Anda sendiri. Jadi enak sekali bukan, sudah harganya terjangkau Anda bisa mendapatkan nasi sesuai yang Anda inginkan.

Aneka Makanan Tersedia

Nah, hampir sama seperti di warung-warung pada umumnya. Angkringan pun menyediakan berbagai menu masakan Angkringan Wijilan  yang bisa dipilih dan dijadikan lauk. Banyaknya pilihan makanan ini membebaskan Anda untuk memilih menu makanan apa saja yang ada di sana. Banyaknya makanan di sini Anda tidak perlu pusing lagi mencarikan lauk makan, Anda pun bisa mendapatkan lauk makan di sini.

Tersedia mulai ayam goreng, terong balado, aneka sate (telur, usus, keong, dan lainnya), urap, lodeh, gudangan, dan lainnya. Selain makanan, Ada pula minuman yang dibanderol dengan sangatlah terjangkau yakni mulai Rp2 ribu saja. Minumannya meliputi Teh poci, Susu tape, Es jeruk atau jeruk hangat, kopi, dan menu minuman lainnya.

Merasakan enaknya nongkrong di Angkringan Wijilan ini pasti Anda akan merasa betah, memang kesannya makanan angkringan itu murah dan tidak seperti masakan yang ada di restoran atau tempat makan lainnya. Meskipun demikian Angkringan ini tetap memiliki peminatnya, hingga kini pun angkringan ini semakin ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin menghabiskan malamnya di angkringan ini. Murah bukan berarti murahan dan tidak memiliki rasa yang enak, untuk membuktikan keenakan masakan di angkringan ini Anda perlu untuk mencobanya sendiri.