Foto : @ayok512

Berada di lingkungan perkotaan sepanjang waktu bisa membuat siapapun jenuh dan bosan. Untuk mengatasi hal ini, tidak ada salahnya jika sekali-sekali mendatangi tempat wisata atau berburu kuliner lezat.

Dan tentunya, akan lebih asyik lagi jika bisa menikmati kedua hal tersebut sekaligus, yaitu makan makanan yang menggoyang lidah sambil menikmati pemandangan alam yang asri. Jika Anda berada di Jogja, tepatnya di daerah Kulon Progo, hal ini bisa Anda temukan dengan mudah.

Lokasi

Kota Jogja memang terkenal dengan berbagai tempat wisata yang menarik sekaligus wisata kulinernya yang memiliki cita rasa yang khas. Salah satu lokasi yang menyediakan keduanya adalah Warung Geblek Pari yang terletak di Desa Desa Kembang, Nanggulan, Kulon Progo.

Jika Anda berada di pusat kota Jogja, untuk bisa sampai ke lokasi akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit saat lalu lintas tidak terlalu padat.

Apa Itu Geblek

Buat Anda yang tidak mengenal makanan tradisional khas Jogja ini, geblek merupakan makanan yang identik dengan Kulon Progo. Terbuat dari bahan dasar tepung singkong disertai dengan bumbu bawang, membuat olahan jajanan yang bentuknya kecil dan menyerupai angka delapan ini terasa gurih dan kenyal.

Pasar tradisional atau warung pinggir jalan daerah Kulon Progo merupakan area yang kerap menghidangkan makanan tradisional geblek. Namun, jika ingin menikmati kuliner lezat yang menyuguhkan pemandangan perbukitan yang asri, warung Geblek Pari Nanggulan adalah pilihan yang tepat.

Jam Operasional

Anda bisa datang setiap hari ke warung Geblek Pari ini untuk menikmati berbagai sajian kuliner yang menggoda selera. Sebab, warung akan dibuka pada pukul 08.00 setiap Senin-Sabtu dan pada hari Minggu akan buka lebih awal yaitu pukul 07.00 pagi.

Sedangkan jam tutupnya fleksibel, namun memiliki ketentuan berupa last order (pemesanan terakhir) pada pukul 19.30. Di setiap akhir pekan atau tanggal merah, warung Geblek Pari ini selalu ramai oleh pengunjung. Untuk itu, agar tidak kehabisan tempat Anda bisa memesan jauh-jauh hari sebelumnya. Biaya reservasi dipatok dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp20.000,00.

View Menarik

Selain terkenal dengan kelezatan kulinernya, warung Geblek Pari juga terkenal sebagai tempat yang nyaman untuk bercengkrama bersama teman dan keluarga. Selain itu, warung ini juga kerap dijadikan referensi tempat meeting atau acara keluarga.

Jika ingin menikmati pemandangan secara maksimal, sebaiknya Anda datang ke lokasi saat pagi atau siang hari. Sebab, dikala masih terang Anda bisa menyaksikan keindahan Bukit Menoreh serta hamparan sawah yang luas dan hijau membentang di sekitar warung.

Ciri khas yang bisa ditemukan di warung Geblek Pari Nanggulan adalah bentuk bangunannya yang berupa Joglo. Ini dikarenakan warung tersebut mengusung konsep tradisional mulai dari bentuk bangunan hingga perabotan berupa meja dan kursi yang terbuat dari bahan bambu dan kayu.

Walau tidak memiliki spot khusus, namun ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan latar belakang foto yang cantik. Diantaranya adalah pemandangan sekitar yang begitu asri dan teduh, perbukitan yang menghijau, kolam ikan mas, dan juga interior warung yang didesain serba tradisional dan diletakkan di bawah pepohonan.

Sistem Menu Unik

Dalam hal kuliner, warung yang satu ini tidak hanya menyajikan geblek saja, melainkan berbagai macam makanan khas pedesaan. Sedangkan untuk berbagai menu yang dihidangkan terdapat dua sistem menu, yaitu menu prasmanan yang memberi kebebasan bagi pengunjung untuk mengambil sendiri dan menu yang harus dipesan terlebih dahulu.

Beberapa menu yang ditawarkan diantaranya adalah nasi, ayam, ceker, telur dadar, tahu, tempe, ikan, brongkos, dan sayur mulai dari lodeh, sayur gori, hingga sayur tempe. Khusus untuk minuman hanya berlaku sistem pesan dulu, diantaranya adalah sari jeruk, teh, kopi, serai, dan air mineral.

Jangan khawatir soal harga karena kota Jogja memang terkenal dengan kuliner yang ramah dikantong. Untuk satu porsi geblek lezat hanya dipatok harga Rp10.000,00 sedangkan satu porsi makanan khas daerah antara Rp15.000,00 – Rp20.00,00.

Selalu aman saat berburu kuliner lezat di kota Jogja karena memang terkenal dengan kelezatan dan harganya yang murah. Salah satunya adalah warung Geblek Pari Nanggulan yang menawarkan berbagai makanan khas pedesaan yang lezat dan menggugah selera.