Foto : @nadyanayas

Siapa yang tidak tergiur dengan lobster? Hidangan seafood yang kerap dianggap sebagai sajian yang mewah dan mahal kini bisa Anda nikmati sepuasnya di Pantai Sepanjang, Gunung Kidul. Karena harganya yang lumayan mahal, seringkali membuat seseorang harus berpikir dua kali untuk menyantap seafood ini saat berlibur ke pantai atau makan di restoran.

Bagi Anda para penggemar berat lobster tidak usah khawatir, kini Anda bisa menikmati lobster sepuasnya dengan harga yang terjangkau dan rasa yang tidak kalah enak seperti di restoran-restoran ternama. Anda hanya perlu pergi berlibur ke Pantai Sepanjang, Gunung Kidul, Yogyakarta sambil mencoba aneka macam lobster atau hanya sekedar pergi berkunjung kampung seafood sambil melihat secara langsung budidaya lobster.

Sesuai dengan namanya, di Kampung Lobsterย ini banyak budidaya lobster yang juga menjual lobster dengan harga yang terjangkau. Di sepanjang pantai Anda akan menemukan deretan rumah makan yang menyediakan aneka menu lobster mulai dari lobster yang dibakar sampai lobster goreng. Harga seporsi lobster yang dipatuk di wisata kuliner ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga seporsi seafood di restoran-restoran lain.

Untuk setiap kilonya, harga yang dipasang berkisar Rp200.000 hingga Rp700.000 bergantung ukuran yang Anda pilih. Satu kilo lobster bisa berisikan 7 ekor hingga 10 ekor lobster. Meskipun harganya terbilang murah, namun lobster di tempat ini juga fluktuatif bergantung dengan musim panen atau musim liburnya. Tentu saja Anda akan mendapatkan harga yang murah pada musim liburan atau musim panen.

Sembari mengisi perut, mata Anda bisa dimanjakan dengan pemandangan Pantai Sepanjang. Pantai ini kerap disebut memiliki pemandangan yang hampir sama dengan pemandangan di Pantai Kuta, Bali. Selain itu, Pantai Sepanjang juga bersebelahan dengan Pantai Kukup yang bisa Anda kunjungi juga.

Garis pantai yang panjang dan ombak yang tenang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Mayoritas penduduk di Pantai Sepanjang lebih banyak memilih bercocok tanam karena ombak di pantai ini cenderung landai.

Lobster yang Anda santap nantinya juga merupakan hasil budaya yang masih segar. Bahkan Anda bisa melihat dan memilih sendiri secara langsung lobster yang ingin Anda santap. Cara budidaya lobster yang ada di Kampung Lobsterย ini memang ada dua cara, yaitu lobster yang dibudidayakan di kolam buatan dan yang satunya lagi ialah budidaya lobster langsung dari pantainya.

Selain menawarkan menu lobster, menu masakan yang ada disini pun cukup lengkap, ada juga aneka menu seafood lainnya yang bisa Anda nikmati disini seperti cumi, rajungan, serta aneka sajian ikan laut. Tak kurang, tersedia juga es kelapa muda segar yang akan menambah rasa nikmat saat Anda mencicipi aneka seafood.

Rute yang harus Anda lalui untuk mencapai Kampung Lobsterย ini dimulai dari Pantai Sepanjang yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di Jalan Sepanjang, Nglaos, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Kemudian Anda dapat melewati Jalan Piyungan dari Patuk ke arah Wonosari sampai menemukan Jalan Baron yang menuju ke arah Pantai Baron.

Dari sana ambil jalan menuju arah Kemadang dan Pantai Baron sampai Anda menemukan pertigaan, lalu ambil jalan ke arah timur sampai menemukan papan penunjuk bertuliskan Pantai Sepanjang.

Apabila Anda mengambil jalan melalui Jalan Bantul, maka Anda bisa melewati Purwosari, Panggang, Saptosari, lalu langsung menuju ke arah Pantai Baron kemudian mengambil jalan ke arah Pantai Kukup, dari Pantai Kukup Anda bisa mengambil jalan ke arah Timur.

Setiba di Pantai Sepanjang Anda mungkin akan kesulitan menemukan kampung seafoodย  itu sebab hampir di seluruh bibir pantai akan temukan banyak warung makan dan gazebo-gazebo yang bisa Anda sewa untuk beristirahat.

Untuk itu, Anda harus lebih teliti mencari spanduk besar yang menggambarkan pintu masuk menuju Kampung Lobster. Kawasan ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB. Jangan sampai ketinggalan mencicipi lobster yang super enak ini!