Foto : @gembulbuncit

Yogyakarta dikenal sebagai surganya kuliner. Wisata kuliner di kota ini tidak sangat beragam dan tidak ada habisnya. Anda bisa memilih berbagai macam kuliner mulai dari yang memiliki cita rasa manis, asin, gurih, empuk, dan keras, maupun dari harga yang murah hingga mahal.

Makanan yang paling sering dicari oleh para pecinta kuliner di Yogyakarta ialah makanan yang diolah dengan menggunakan bahan dasar daging kambing seperti tengkleng. Daging kambing memang memiliki rasa khas yang membuatnya berbeda dengan daging lainnya. Apalagi jika daging kambing tersebut dipadukan bersama dengan bumbu pedas yang dapat menggugah selera.

Olahan daging kambing lezat yang sangat terkenal dan bisa Anda cicipi di Yogyakarta ialah Tengkleng Hohah. Tengkleng merupakan salah satu makanan berbahan dasar kambing dengan menggunakan kuah santan dan memiliki bumbu yang tajam seperti gulai namun dengan kuah yang lebih encer.

Bagian tubuh dari kambing yang  ialah Bagian iga dan tulang belakang kambing sering digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan tengkleng . Beberapa orang menyebut tengkleng dengan sebutan tulang atau balungan  karena memang bahan dasar makanan ini adalah tulang. Tulang-tulang yang diolah biasanya masih memiliki beberapa daging yang melekat tulangnya.

Istilah Tengkleng Hohah sendiri berasal suara orang yang merasa kepedasan saat makan. Inilah yang menjadi ciri khas dari warung tengkleng tersebut, yakni memiliki beragam jenis makanan yang pedas. Warung ini berlokasi di Jalan Wonosari KM 7 Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Tepatnya berada di seberang SPBU Mantup. Saat Anda mengunjungi warung tersebut Anda akan melihat papan nama dengan tagline ‘NIkmatnya Klamutan Balungan’.

Tidak hanya tengkleng, warung ini juga menyediakan berbagai macam menu yang beragam diantaranya nasi goreng kambing, kicik balungan, kicik kai, nasi goreng kambing, sate kambing muda, sate klathak, dan berbagai macam menu lainnya. Minuman yang disediakan juga memiliki banyak variasi mulai dari es teh, es jeruk, es timun, wedang uwuh, wedang secang, kopi, dan bir pletok.

Warung Tengkleng Hohah dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00 pagi hingga pada pukul 21.00 malam WIB ini mematok harga mulai dari Rp39.000 untuk tengkleng porsi biasa  hingga sekitar Rp.179.000 jika Anda ingin mencicipi tengkleng porsi kingkong yang bisa dimakan untuk porsi 4-5 orang.

Apabila Anda berada di luar kota dan ingin mencicipi masakan ini, Anda bisa membuatnya di rumah dengan menggunakan 1 kg kambing. Adapun bahan-bahan untuk bumbu halus adalah:

-8 siung bawang merah

-4 siung bawang putih

-1 sdt jahe bubuk, merek apapun

-2 sdt merica  bubuk, merek apapun

-1 sdt ketumbar, merek apapun

-1 sdt kunyit bubuk

-3 buah kemiri

-21 buah cabai rawit atau sesuai selera

Sementara itu untuk bumbu yang nantinya akan dimasukkan ke dalam kaldu atau bumbu cemplung ialah:

-6 lembar daun jeruk

-1 siung daun serai yang sudah digeprek

-1 ruas lengkuas yang sudah digeprek

-1 lembar daun salam

-3 butir kapulaga

-6 cm kayu manis, dipotong menjadi 2 bagian

-1 sdt kecap manis sesuai selera

-Gula dan garam secukupnya

Adapun cara memasaknya sangat mudah yaitu:

-Bersihkan dahulu daging iga kambing. Kemudian rebus daging hingga matang dan daging terasa empuk.

-Pisahkan iga dan saring kaldu rebusan iga.

-Haluskan semua bumbu, lalu sisihkan.

-Siapkan panci yang cukup besar, lalu masukkan kaldu yang telah mendidih, akan terlebih dahulu Anda harus menyaring kuah kaldu tersebut.

-Masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan tadi.

-Setelah semua bumbu tercampur, masak kembali iga kambing yang tadi telah dipisahkan hingga mendidih.

-Setelah kaldunya mendidih masukkan kembali iga yang tadi telah disiapkan.

-Terakhir masukkan bumbu cemplung ke dalam panci lalu masak kembali hingga mendidih.

-Setelah semua bumbunya pas, sajikan tengkleng saat hangat.

Itulah tadi Tengkleng Hohah kuliner populer dari Yogyakarta serta cara membuatnya. Semoga bermanfaat untuk Anda.